nhk

MotoGP 2016 Jelang Assen: Dua Sasis Beda di Kubu Suzuki

ManiakMotor – Maverick Vinales semakin layak jadi Kuda Hitam di baris depan MotoGP, walau dia orang Spanyol, kulit putih, bukan hitam seperti kuda. Mau tahu? Lomba di Catalunya dialah pemegang fastest lap, walau motornya belum bisa diajak konstan.

Di tes Catalunya pakai sasis baru yang merupakan pengembangan dari versi Valencia sebelumnya, mulai cocok dengan riding style pembalap muda Suzuki itu. Artinya dia pembalap punya otak encer lewat laporannya. Beda dengan seniornya, Aleix Espargaro, yang keukeh dengan sasis lama dan ogah utak-utik sasis baru lagi.

Dengan sasis baru itu Vinales tercepat ketiga tes Catalunya di bawah Cal Crutchlow (Honda) dan Jorge Lorenzo (Yamaha). Ia bersaksi kalau sasis anyar ini membuat GSX RR-nya semakin stabil masuk tikungan, tak perlu banyak sliding di roda belakang dan dengan demikian bisa menghemat masa kerja ban saat balapan. “Dengan setingan baru, hasil tes ini betul-betul signifikan,” tegas Vinales yang lantas memastikan pakai sasis baru itu ke GP Belanda.

Meski begitu, pendamping Valentino Rossi musim depan itu berpikir realistis. Dia punya orang  merasa tetap perlu memaksimalkan set up dengan sasis tersebut. Pasalnya, pembalap lain pun berusaha mengembangkan pegangangan masing-masing dalam tes itu. “Jika kami maju selangkah dan tim lain pun maju selangkah pula, itu sama saja kami tetap di belakang. Tetap harus kerja keras,” tegasnya.

Sebaliknya dengan Aleix yang tetap merasa tak nyaman dengan sasis tersebut meski sudah berevolusii. Hasil tercepat kelima tidak menjadi referensinya. Ia bahkan menyesal mencoba sasis itu saat race di GP Catalunya dan ia nilai keputusan terburu-buru dengan akibat gagal mencapai finish. “Saya coba lagi sasis itu di sesi pagi, tapi kemudian kecelakaan. Selanutnya kembali ke sasis standar, dan hasilnya hampir satu detik lebih cepat dari waktu balapan,” ucap Aleix yang mengaku senang sekaligus marah dengan keadaan tersebut.

Itu pula yang membuat Aleix bertekad akan seterusnya memakai sasis lamanya dan memastikan takkan sudi ngetes-ngetes sasis baru lagi. Wah, bisa makin kepukul sama Vinales nih! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Assen: Tes Privat Rossi dan Lorenzo Di Catalunya, Geometri Sasis Rahasia

MotoGP 2016 Jelang Assen: Lorenzo Silakan Pergi ke Ducati, Tim Teknisnya Tetap di Yamaha

MotoGP 2016 Jelang Assen: Marquez Juga Mainkan Sasis dan Knalpot Baru Di Tes Catalunya

MotoGP Assen 2016 Jelang: Rossi Siapkan Sasis dan Swingarm Baru

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Rossi Diakui Lawan Lebih Kuat Tahun Ini, Pede Sekali

BAGIKAN