nhk

MotoGP 2016 Jelang Assen: Lorenzo Ingin ‘Kartu Merah’ Diberlakukan

ManiakMotor – Diseruduk Andrea Iannone di GP Catalunya rupanya masih menyisakan rasa kesal pada Jorge Lorenzo. Ia pun ingin perubahan sistem penalti atau hukuman di MotoGP agar para pembalap badung bisa kapok…pok.

Hukuman saat ini menurut JL terlampau ringan sehingga ada kemungkinan pembalap mengulangi kesalahan yang sama alias tidak kapok. Iannone itu contohnya. Ia dinilai bersalah menyeruduk JL dan dihukum start belakang di GP Belanda mendatang. Ini kali kedua Iannone dihukum musim ini karena kesalahan yang sama.

Iannone di GP Argentina ia melabrak rekan setimnya, Andrea Dovizioso. Untuk kesalahan itu grid position Iannone dimundurkan 3 posisi dari seharusnya. “Itu tak membuatnya belajar dari kesalahan. Pada 2003 di Motegi, John Hopkins buat kesalahan dan ia dihukum tak boleh balapan sekali. Saya juga dilarang sekali balapan saat bikin salah di GP 250 musim 2005. Itu membuat saya belajar dan tidak mengulangi kesalahan yang sama,” kata JL yang saat berita ini diketik berada di Kazakhstan dalam kunjungan sponsor dan menyaksikan pembangunan sirkuit di sana.

Menurutnya hukuman seperti itulah yang diperlukan di MotoGP, terlebih karena olahraga ini menyangkut nyawa dan keselamatan pembalap lain. Perlu diberlakukan hukuman kartu merah sebagaimana dikenal di cabang sepakbola. “Di sepakbola, pemain yang melakukan tekel keras dan berbahaya akan diganjar kartu merah dan dilarang main minimal satu pertandingan.”

Untuk menyuarakan usulannya, jurdun bertahan ini berencana ikut rapat Safety Commission di GP Belanda mendatang dan akan bicara langsung dengan Direktur Lomba MotoGP Mike Webb. ”Saya tak bermaksud mengubah hukuman yang sudah diputuskan kepada Iannone karena  mereka pasti tak mengubahnya. Saya hanya ingin hukuman diperberat agar ada perubahan dari para pembalap yang berbuat salah. Jika hukuman ringan maka sulit berharap pada perubahan prilaku di lintasan. Kita lihat saja nanti apakah pembalap lain mendukung usul saya atau tidak,” katanya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Assen: Rossi Sebut 10 Tikungan Maut, Tak Bisa Aman 100%

MotoGP Assen 2016 Jelang: Rossi-Lorenzo Dramanya Dua Kali Sial, Marquez Baru Sekali

MotoGP 2016 Jelang Assen: Balapan Baru Bergulir 7 Seri, Line Up Sementara Joki 2017 Sudah Beredar, Suzuki Tanda Tanya

MotoGP 2016 Jelang Assen: Tato Apa Ya Sebaiknya Untuk Marquez?

MotoGP Assen 2016 (Jelang): Duel Rossi vs Marquez Lagi?

BAGIKAN