nhk

MotoGP 2016 Jelang Assen: Lorenzo Tuding Michelin dan Acung Jempol pada Manajemen Ban Rossi

ManiakMotor – Ketika Jorge Lorenzo gagal memenangkan lomba, acap calon pembalap Ducati ini mengambinghitamkan ban. Padahal ban bukan kambing, kalau hitam ya, karetnya. Boleh jadi, bro karena gaya balapnya. Terutama masuk tikungan yang terlalu terlalu lama miring, karena pakai teknik parabola. Pada saat itu jelas Lorenzo tak bisa mengirim lebih banyak tenaga pada rodanya. Tentu gripnya berbeda dengan motor yang cepat tegak, lantaran posisinya sudah siap dibejek.

Nah, bagaimana dengan rekan setimnya Valentino Rossi. Lorenzo sangat memuji manajemen kubu The Doctor dalam memilih ban Michelin. Itu diakui ketika berlaga di sirkuit Barcelona lalu yang berhasil menghantar Rossi tampil sebagai juara. Katanya, grip Rossi lebih dapat ketimbang dirinya. Ban Rossi juga tak banyak dipengaruhi kondisi cuaca pada senyawanya dengan aspal. 

Keluhan Lorenzo sama seperti kala tampil di sirkuit Jerez sebagai seri sebelum Barca. Ia mengeluhkan tingginya suhu udara di trek. Tapi, ia sendiri malah tidak finish karena di “torpedo” oleh Andrea Iannone. Dan dirinya mengaku secara jujur bahwa kemenangan Rossi dalam duel dengan Marquez di trek Montmelo, Barcelona.

“Sudah jelas ada masalah dalam kondisi khusus, sejatinya bisa memberi solusi untuk ban depan. Itu sangat tidak sering dilakukan Michelin, dan terjadi di Jerez dan Montmelo,” kenang Lorenzo. Nah, dengan motor yang sama, lanjut JL, Rossi justru tidak berkutat dengan ban dan dapat tampil santai di semua lomba. 

Wah….wah…wah. Lorenzo berani menghujat ban lantaran tahun depan ia sudah bersama Ducati. “Gaya balap saya adalah gaya saya. Tapi, tidak pernah telat untuk mengubah. Kita perlu menganalisa data dan mungkin berbicara dengan Michelin serta melihat apakah kita dapat mengganti ban agar seseorang bisa tampil konstan. Yang jelas, aku tidak bisa tampil seperti dia (Rossi),” tutup Lorenzo. Rezki

 

BACA JUGA 

MotoGP 2016 Jelang Assen: Honda Nggak Adil Pada Pembalapnya? 

MotoGP 2016 Jelang Assen: Aha..Suzuki Punya 2 Calon Pendamping Andrea Iannone, Ini Dia Pembalapnya 

MotoGP 2016 Jelang Assen: Marquez dan Pedrosa ‘Curi Start’ di Austria 

MotoGP 2016 Jelang Assen: Lorenzo Kunjungi Sirkuit Baru di Kazakhstan. Wah…Jangan-Jangan Desain Trek Minta Diubah! 

MotoGP Assen 2016 Jelang: Power M1 Lorenzo-Rossi Seimbang, Eh RC213V Marquez Pimpin Klasemen

BAGIKAN