nhk

MotoGP 2016 Jelang Assen: M1 Rossi Lebih Ngegrip, Lorenzo Bingung

ManiakMotor – Kalau lihat papan klasemen, posisi Jorge Lorenzo memang di atas Valentino Rossi dengan selisih poin 10. Tapi, jika diambil kesimpulan keseluruhan, JL wajar deg-degan dengan seri-seri lomba berikutnya meski sama-sama menggeber M1. Ini juga seperti jawaban tulisan; MotoGP Assen 2016 Jelang: Power M1 Lorenzo-Rossi Seimbang, Eh RC213V Marquez Pimpin Klasemen.

Dari 7 balapan lewat, JL sendiri yang bilang, M1 milikThe Doctor lebih kuat menjejak lintasan ketimbang M1-nya. Rossi lebih mudah menyalurkan tenaga motornya pada lintasan. Karena lebih dapat grip dan bersamaan dengan itu bisa merawat ban. “Milik saya acap alami melemahnya grip di tengah balapan. Kalau sudah begitu tak ada cara lain kecuali menghaluskan tenaga pada roda. Itu sama saja memelankan motor. Itu kalau tak ingin celaka,” kata JL yang tengah sowan ke negeri Kazakhstan.

Ia mengaku rada bingung melihat kenyataan itu. Padahal sama-sama pakai M1 dengan basis teknologi yang sama. “Rossi tampak lebih mudah mendapatkan grip. Mungkin karena gaya balapnya. Atau mungkin pula karena posisi duduknya di atas jok motor berbeda dengan saya,” lanjut JL meraba-raba sambil berteka-teki sendiri.

Ia dan tim teknisnya mulai serius menganalisa hal tersebut setelah persoalan sama terjadi di GP Catalunya. Jl kehilangan posisi terdepan dan melorot ke urutan 4 sampai akhirnya diseruduk anak Ducati. Analisa itu tentu akan melibatkan Yamaha dan Michelin sebagai pemasok ban agar tahu persis bagian mana yang harus dibenahi.

Sebab, bukan tak mungkin, justru Lorenzo sendiri dan tim teknisnya yang belum mendapatkan set-up yang mumpuni. “Kalau masalahnya pada riding style, saya tentu tak keberatan untuk sedikit mengubahnya,” tandas Lorenzo yang punya jurus sendiri mengatasi regulasi 2016 dengan cara menikungnya melengkung-lengkung.

Ya, JL memang harus mencari jawaban sendiri mengapa M1 Rossi lebih gampang dapat grip. Mungkin dia belum baca komentar Rossi bawah dengan Michelin percaya diri pembalap Italia itu lebih tebal. Jadi tak sunkan-sunkan membetot gas. Jadi kelihatannya lebih bersenyawa dengan aspal. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Assen: Lorenzo Kunjungi Sirkuit Baru di Kazakhstan. Wah…Jangan-Jangan Desain Trek Minta Diubah!

MotoGP 2016 Jelang Assen: Ini Bocorannya, Rossi dan Lorenzo Pastikan Sasis Baru

MotoGP Assen 2016 Jelang: Power M1 Lorenzo-Rossi Seimbang, Eh RC213V Marquez Pimpin Klasemen

MotoGP 2016 Jelang Assen: Lorenzo Ingin ‘Kartu Merah’ Diberlakukan

MotoGP 2016 Jelang Assen: Rossi Sebut 10 Tikungan Maut, Tak Bisa Aman 100%

BAGIKAN