nhk

MotoGP 2016 Jelang Assen : Penampilan Rossi dan Marquez di Assen akan Diawasi

ManiakMotor – Akankah ‘insiden’ di lap dan tikungan terakhir antara Valentino Rossi dan Marc Marquez tahun lalu. Sulit memang akan terulang kembali pada Motul TT Assen, pekan ini? Tapi, tidak ada yang bisa melupakan chicane terakhir, ketika MM dan VR bertarung ketat, The Doctor yang ke luar jalur karena menghindar senggolan dengan MM, justru meraih kemenangan lantaran potong jalur.

Tidak ada penalti dari juri (Steward of the meeting) maupun direktur lomba (Race oh Director). Pastinya, sejak peristiwa itu, hubungan kedua pembalap jadi panas. Bila sebelumnya keduanya terlihat akrab, saat jumpa pers keliatan dingin dan canggung. Keduanya pun saling menyalahkan. Bahkan ditenggarai dari sinilah situasi memanas dan akhirnya kusut 2015. 

Memang penyulut awalnya bukanlah di Assen yang kemudian puncaknya di Sepang Malaysia, di mana terkesan kalau VR sengaja menendang Marquez pake dengkul. Sehingga membuat pembalap Honda itu terjatuh, Rossi pun diganjar dengan start dari posisi belakang. Yang di Assen bibit dari MotoGP Argentina 2015.

Tahun ini terutama ronde 7 di Catalunya, Barcelona, sebuah gencatan senjata pun tampak ketika usai lomba di sana. Di mana Rossi menyodorkan tangan untuk berjabat dan diterima dengan senyuman Marquez. Berakhirkah atmosfer permusuhan mereka?

Para kolumnis MotoGP menulisnya beragam. Ada yang bilang belum padam. Ada pula yang mengamatinya sebagai penghormatan atas meninggalnya pembalap Moto2 Luis Salom. “Itu tidak boleh disalahartikan sebagai all-out rekonsiliasi antara Rossi dan Marquez”. Begitu tulis wartawan lain.

 Yang pasti, ketika tampil di Assen, pekan ini, Rossi dan Marquez menjadi ‘tamu istimewa’ buat panitia lomba. Keduanya berada dalam mikroskop, baik dewan juri maupun direktur lomba. Artinya, pembalap Yamaha dan Honda itu akan berada di bawah pengawasan khusus dari yang berkepentingan. Nah, lo! Rezki

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Jelang Assen: Marc Marquez Menghibur Diri, Sesuatu Belum Beres Pada Motornya 

MotoGP Belanda 2016 Jelang: Sirkuit Assen Yang Goyang Terus, Karakter Rossi Menantang Marquez 

MotoGP 2016 Jelang Assen: Lorenzo Tuding Michelin dan Acung Jempol pada Manajemen Ban Rossi 

MotoGP 2016 Jelang Assen: Unggul 22 Poin, Marquez Tetap ‘Takut’ Pada Rossi 

MotoGP 2016 Jelang Assen: Lorenzo Tuding Michelin dan Acung Jempol pada Manajemen Ban Rossi

BAGIKAN