nhk

MotoGP 2016 Jelang Assen: Rossi Sebut 10 Tikungan Maut, Tak Bisa Aman 100%

ManiakMotor – Safety menjadi isu hangat lagi setelah Luis Salom tewas di Sirkuit Montmelo. Sebagai rider senior dan paling berpengalaman, Valentino Rossi menyebut keamanan lintasan di berbagai sirkuit memang rentan kecelakaan yang bisa membawa petaka.

Ada beberapa sirkuit dengan tikungan mautnya yang Rossi sebut. Memang sudah dia sebut saat di Catalunya lalu, tapi diperjelas lagi. Rossi juga nggak memaksa di tikungan tersebut harus dipasangi lambang ‘tengkorak’ atau ‘Awas Jangan Ngebut’, tikungan membawa korban. “Termasuk di kelas MotoGP yang perangkat safety-nya sudah canggih. Tapi  harus menerima kenyataan, tak ada sirkuit yang aman 100%,” jelas The Doctor.

Turn atau T di Montmelo yang jadi lokasi tewasnya Salom di T12, memang sudah lama dikenal berbahaya. Dan telah diperingatkan pada panitia MotoGP. Tetap saja terbukti tak aman meski pagarnya sudah dipasangi bantal udara yang canggih. Bantalan tersebut dipasang menyusul kecelakaan hebat yang menimpa pembalap Moto3 Nico Antoneli pada 2014 di lokasi sama.

Di T12 itu selain tikungan cepat, run off area-nya terlalu pendek. “Itu baru satu tikungan. Setidaknya ada 10 tikungan di berbagai trek yang sangat berpotensi membawa maut. T4 di Motegi, misalnya, yang kita sambangi saban tahun dan setiap kali juga kita merasa run off-nya sangat kurang. Tapi, melihat situasinya, tak lagi mungkin memperpanjang jalur run off-nya. Kenyataan yang harus diterima,” tambah s Rossi.

Contoh lain adalah jalur keluar T10 di Sirkuit Jerez, Spanyol. Rossi menunjuk kecelakaan hebat yang menimpa Roberto Locatelli beberapa tahun lalu akibat minimnya area run off di sekitar tikungan itu. “Pada kondisi tertentu tak mungkin berharap ada lintasan pengaman sepanjang 100 meter. Jika harus banyak area seperti itu, ya bikin balapan saja di padang pasir,” tegas Rossi yang juga sebut-sebut sirkuit Philip Island di Oztrali. 

Rossi tentu tak sedang bercanda karena memang tak mungkin berharap bisa selamat 100% di setiap balapan. Justru tingkat bahayanya itu yang bikin seru, memacu adrenalin pembalap sekaligus faktor yang bikin penonton turut deg-degan. Itu yang menurut Rossi harus diterima dan dilakoni seorang pembalap. Kalau maunya aman terus ya jangan ikut balapan Mas! Andro

BACA JUGA

MotoGP Assen 2016 Jelang: Rossi-Lorenzo Dramanya Dua Kali Sial, Marquez Baru Sekali

MotoGP 2016 Jelang Assen: Balapan Baru Bergulir 7 Seri, Line Up Sementara Joki 2017 Sudah Beredar, Suzuki Tanda Tanya

MotoGP 2016 Jelang Assen: Tato Apa Ya Sebaiknya Untuk Marquez?

MotoGP Assen 2016 (Jelang): Duel Rossi vs Marquez Lagi?

MotoGP Assen 2016 (Jelang): Sasis M1 Rossi Vs Lengan Ayun Marquez

BAGIKAN