nhk

MotoGP 2016 Jelang Assen: Tes Privat Rossi dan Lorenzo Di Catalunya, Geometri Sasis Rahasia

ManiakMotor – Private test Movistar Yamaha di Sirkuit Montmello,Selasa (7/6), benar-benar rahasia dan tertutup. Yamaha tak ingin ada yang ngintip detil dan performa sasis berikut swingarm barunya untuk M1 besutan Valentino Rossi maupun Jorge Lorenzo. Ada elmu geometri rangka yang perlu disembunyikan.

Tak ada liputan media. Tak juga ada rilis resmi tim sebagaimana biasanya mampir ke redaksi ManiakMotor. Sama sekali tak ada komentar VR maupun JL soal sasis dan swingarm yang dites seharian penuh itu. “Jika lebih baik dari versi sebelumnya, dua peranti ini akan kami gunakan di Assen. Tujuannya agar di tikungan gesit, tapi motor tetap terkontrol,” ucap Rossi saat tes resmi bersama-sama sehari sebelumnya di tempat sama.

Bagi pengamatan penonton, sasis pada M1 gado-gado yang dipakai tujuh seri lalu, sudah sangat te-op-be-ge-te, walau Rossi jarang berspekulasi menikung. Perhatikan, cara-cara Rossi menyisir tikungan dilakukan dengan tertib, nggak berangasan. Out-in-out yang pasti. Bukan seperti yang dilakukan Marc Marquez, misalnya dengan ‘mengepret’ roda belakang ke arah tikung untuk mempertajam sudutnya.

Cara begitu mungkin menurut Rossi, harus sesuai kemampuan sasis dan lengan ayun yang bagian dari rangka. Kalau nggak, malah memaksa yang menguras fisik dan penuh risiko. Itu hanya mungkin loh, elmu prakirawan dan analisawan oleh kewartawanan, hehe. Tapi sesekali kan butuh juga trik begitu dalam keadaan genting ketika duel. Ilmu yang dulu bukan hanya sesekali dipakai The Doctor, namun sering. 

Hal sama dikumandangkan Lorenzo yang lebih banyak diam saat test. Rupanya, Lorenzo masih terbawa soal sialnya di sirkuit yang sama ketika jatuh berduaan dengan Andrea Iannone.  “Sasis baru membawa hal positif, tapi segala sesuatunya baru akan diketahui lebih jelas pada tes lanjutan,” kata Lorenzo dengan nada yang datar-datar saja.

Tidak ada sedikit pun data yang mereka lempar ke publik soal hasil tes pada Selasa (7/6), seperti catatan waktu yang bisa dikomparasi dengan hasil sasis lama.  Sebab, dari catatan waktu itulah bisa dilihat bagaimana sinerji sasis ini dengan mesin M1, suspensi, rem, dan karakter semua jenis ban Michelin. 

Jadi, harus bersabar untuk mengetahui apakah di Assen nanti The Doctor pakai piranti baru atau tetap yang lama dan terbukti sudah mumpuni. Ya, siapa tahu dalam satu dua hari ini sudah ada bocoran, itu pun kalau bocor dan lubangnya belum keburu ditambal! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Assen: Lorenzo Silakan Pergi ke Ducati, Tim Teknisnya Tetap di Yamaha

MotoGP 2016 Jelang Assen: Marquez Juga Mainkan Sasis dan Knalpot Baru Di Tes Catalunya

MotoGP Assen 2016 Jelang: Rossi Siapkan Sasis dan Swingarm Baru

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Rossi Diakui Lawan Lebih Kuat Tahun Ini, Pede Sekali

MotoGP Catalunya 2016 Pasca Race: Lorenzo Ingin Iannone Dihukum Berat, Tak Cukup Start Belakang

BAGIKAN