nhk

MotoGP 2016 Jelang Austria: Depak Rossi dan Lorenzo, Itu Yang Dipentingkan Marquez

ManiakMotor – Tak perlu analisa tajam mengunggulkan Marc Marquez pada perhelatan GP Austria, 14 Agustus nanti. Cukup mencuri poin dari Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi yang di atas kertas masih jadi pesaing berburu gelar dunia. Lintasan Red Bull Ring yang didominasi empat lintasan cepat, bukan menguntungkan RC213V andalan Marquez. Motor di sana gaspol sampai batas kecepatan maksimal 340-an km/jam.  

Marquez dan tim teknis HRC tahu itu meski mereka hanya jajal lintasan dengan besutan RC213V versi jalanan. Tes itu pun cenderung promosi sebelum pabrikan kelas atas lainnya macamYamaha dan Ducati melakukan uji coba resmi di sana. Marquez sendiri tak ikut dalam tes tersebut. Mungkin ya itu tadi, sudah merasa yakin dengan data yang dihimpun meski hanya jajal lintasan dengan motor versi jalanan.

Buktinya, ia bilang menikmati karakter trek Red Bull Ring karena dalam beberapa bagian sama dengan Austin, sirkuit di Texas yang selama ini dirajai Marquez. Sebaliknya dengan Rossi dan Lorenzo yang akui M1-nya akan kedodoran di trek lurus-lurus itu. Yamaha sama sekali tak berkutik dari Ducati saattes resmi MotoGP lalu.

Dengan begitu, tambah Marquez, konsentrasinya di GP Austria adalah menjauhkan diri dari kejaran duo Yamaha di klasemen. Saat ini ia unggul 48 poin atas JL dan 59 angka atas Rossi. Artinya, ia perlu ngoyo menguber gelar juara sepanjang ia bisa finish di depan kedua rider Yamaha itu.

“Saya menyukai karakter sirkuit ini dan tak sabar ingin tampil dengan motor sesungguhnya. Perebutan poin di sini sangat menarik karena sangat berpengaruh terhadap kejuaraan dunia. Saya yakin akhir pekan nanti menjadi hari-hari menggembirakan,” ucap Marquez yang selama libur panjang ini hanya beberapa hari benar-benar rileksi bersama keluarga dan teman-temannya. Selebihnya, “Tak ada libur. Latihan fisik tetap jalan dengan bersepeda dan supermoto,” imbuhnya.

Beda dengan Rossi dan JL yang dari jauh hari sudah bilang M1 tak cocok dengan karakter Red Bull Ring, Marquez justru bilang trek itu akan memicu adrenalinnya untuk bawa RC213V pada kecepatan maksimalnya. “Ada beberapa bagian yang sangat kencang dan di ujungnya butuh pengereman sangat keras, namun dengan cepat harus gaspol lagi. Itu akan sangat menyenangkan.” 

Omongan MM memang masih harus dibuktikan dalam raceday nanti.Yang pasti,jika bisa menundukkan duet Yamaha di Austria maka perjalanan MM meraih gelar 2016 bisa dibilang makin ringan dalam seri-seri berikutnya. Itu lebih penting ia pikirkan ketimbang ngotot menjadi juara, terlebih jika ada risikonya.  Andro

BACA JUGA

MotoGP Austria 2016 Jelang: Menguji Pertahanan Marquez siap Di Red Bull Ring

MotoGP 2016: Barbera Diajak Rossi Ke Motoranch 46, Langsung Puji Yamaha Di Austria

MotoGP Austria 2016 Jelang: Rossi Kudu Perbaiki Motor Keduanya, Bikin Gagal Mulu

MotoGP Austria 2016 Jelang: The Waterfall, Chamber Tikungannya Negatif..!

MotoGP Austria 2016 Jelang : Duet Iannone – Rins Bisa Bikin Suzuki Lebih Hebat

BAGIKAN