nhk

MotoGP 2016 Jelang Catalunya: Lorenzo vs Marquez, Mendekat atau Menjauh?

ManiakMotor – Ditekuk Jorge Lorenzo dengan gap 0,019 detik di garis finish Mugello membuat Marc Marquez sungguh dan sungguh penasaran. Sekaligus dendam untuk memukul balik. Tempatnya di GP Catalunya akhir pekan ini dengan agenda mengakali knalpot. Karena hanya dengan pipa pelepas gas buang itu, bisa merekayasa kompresi mesin untuk akselerasi motornya.

Marquez bertekad hanya memburu kemenangan di Catalunya, minimal finish di depan Lorenzo. Bukan hanya untuk menuntaskan dendam dari Mugello, tapi juga berkaitan dengan program jangka panjang meraih gelar dunia di akhir musim. Selisih 10 poin di klasemen saat ini harus direduksi di Catalunya.

Bila itu bergasil, terbuka luas kesempatan mengambil alih klasemen di seri balap berikutnya. “Itu bisa dicapai hanya dengan cara bekerja keras dari sesi latihan. Harus bisa menambah percepatan motor. Saya rasa Honda juga berjuang dari sisi itu di Catalunya, baru deh tarung maksimal di raceday seperti biasanya,” beber Marquez lewat press release yang juga dikirim ke portal ini.

Ia berharap, usaha Honda pada  RC213V-nya bisa dikembangkan selangkah lebih maju dibandingkan performa di Mugello. Dibanding Mugello, walau Catalunya sirkuit cepat, ada beberapa sudut membutuhkan banyak pengereman tajam. Di situ juga butuh akselerasi. Harus bisa melejit sekeluar tikungan untuk melibas M1-nya Lorenzo. Dapat nol koma nol-nol detik saja sudah cukup.

Itu teknis. Yang nonteknis, Marquez sangat termotivasi oleh banyaknya pendukung setia, termasuk orang-orang sekampungnya yang bakal menonton. Maklum, rumah ortunya tak begitu jauh dari trek. “Akan banyak fans club yang datang menyemarakkan lomba. Itu motivasi ekstra,” katanya tanpa sebut-sebut Valentino Rossi.

Ironisnya, kegemerlapan suporter itu pula yang bisa jadi bumerang buat Marquez yang baru sekali juara di Catalunya. Tampil sangat bersemangat dan terlampau percaya diri sudah terbukti beberapa kali justru membuatnya terlempar dari lomba. Tahun lalu, misalnya, ia malah mengecewakan pendukung karena kelontang dan DNF dengan hanya beberapa lap bertarung. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Catalunya 2016: Janji Iannone Mengalahkan Rossi Dan Lorenzo, Wah..?

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Lorenzo, Honda Lebih Pelan Dari Yamaha

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Rossi Vs Gibernau, Lorenzo Dan Marquez, Sekarang??

MotoGP 2016: Terbakarnya Mesin M1 Rossi, Point Di Catalunya Sangat Mahal

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: M1 Rossi-Lorenzo Lebih Aman, Honda Masih Soal Kruk As

 

BAGIKAN