nhk

MotoGP 2016 Jelang Catalunya: Rossi Pede ke Rumah Lorenzo, Tunggu Ulangan 2009

ManiakMotor – Lupakan musibah di Mugello dan songsong seri Catalunya dengan mental yang tebal. Maksudnya kepercayaan diri yang pol. Itu bagian awal persiapan Valentino Rossi datang ke ‘rumah’ Jorge Lorenzo dalam rangka duel lanjutan di GP Catalunya pekan ini atau 5 Juni 2016. Latihan resminya sudah mulai pada Jumat 3 Juni.

Kini giliran Lorenzo tuan rumah dan jadi unggulan bersama Marc Marquez dari kubu tim seberang, Yamaha melawan Honda. Di antara keduanya, pembalap pendatang yang paling potensial merebut mahkota juara ya siapa lagi kalau bukan The Doctor. Ia punya banyak poin plus menjadi pemenang lagi di trek Montmelo setelah tahun lalu runner-up dengan memepet JL sampai garis finish, selisih waktu 0,885 detik. “Saya punya kecepatan mumpuni di Montmelo. Sangat yakin soal itu dan bisa melawan Jorge beserta Marc di depan pendukung mereka yang luar biasa,” pede Rossi dalam rilisnya masuk ke Catalunya.

Meski mledug di Mugello, M1 saat ini menurut The Doctor tak punya masalah krusial yang harus ditanggulangi. Ia dan tim teknisnya tetap menyiapkan motor dengan pola yang sama dari sirkuit ke sirkuit. Tentu disesuaikan dengan set-up Catalunya. Yang diawali susunan gearing alias gigi rasio di dalam kotak gigi alias gearbox sesuai kecepatan dari tikungan ke tikungan Catalunya. Itu pun sudah ada set-up dasarnya,  “Intinya, saya siap melawan mereka,” tegas Rossi.

Poin maksimal di Catalunya kudu wajib dipetik The Doctor kalau masih berambisi jadi jurdun 2016. Ketinggalan 37 poin dari JL di papan klasemen sementara harus dikurangi. Satu-satunya cara di depan keduanya. Kolo  sudah di depan keduanya, berarti menang seperti pernah dicapai Rossi di sirkuit tersebut pada musim 2001, 2002, 2004, 2005, 2006 dan 2009.

Yang paling menarik adalah duel VR dengan JL pada 2009 tersebut. Sama-sama di atas M1, keduanya fight habis-habisan hingga garis finish.  The Doctor mampu melibas lawannya di tikungan terakhir dan finish dengan gap hanya 0,095 detik. Momen itu menjadi salah satu yang terbaik dalam sejarah MotoGP. Keduanya punya speed rata-rata sama persis pada tahun itu. 

Momen itu juga yang dinanti para maniak MotoGP pada Minggu malam nanti waktu WIB. Semoga bisa terulang lagi karena keduanya pun kini menggenjot M1 dengan performa setara. “Saya selalu menyukai atmosfer balapan di Catalunya dan sangat menyukai treknya. Saya  optimis penonton akan menyaksikan balapan yang hebat,” janji Rossi. Andro

BACA JUGA

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Apa Pun Dilakukan Rossi Di Umurnya 37 Tahun, Lapar Juara

MotoGP 2016 Jelang Catalunya: Lorenzo vs Marquez, Mendekat atau Menjauh?

MotoGP Catalunya 2016: Janji Iannone Mengalahkan Rossi Dan Lorenzo, Wah..?

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Lorenzo, Honda Lebih Pelan Dari Yamaha

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Rossi Vs Gibernau, Lorenzo Dan Marquez, Sekarang??

BAGIKAN