nhk

MotoGP 2016 (Jelang): Di Le Mans Pedrosa Masih Ragu Pada Michelin

ManiakMotor – Dani Pedrosa usai lomba di Jerez memprotes official ban MotoGP. Dalam hal ini Michelin. Katanya, itu perusahaan karet Prancis terlalu banyak gonta-ganti konstruksi. Akibatnya, pengembangan pada motor tak tuntas alias belum sampai puncaknya sudah muncul tipe ban baru, lagi.

Sama dengan dia masuk ke Le Mans, Prancis dalam rangka ronde 5 MotoGP yang berlangsung Minggu 8 Mei 2016 nanti. Pedrosa akan kesulitan menyamai tiga rekannya lantaran beralasan ban. “Saya menikmati sirkuit Le Mans dan ada hasil di masa lalu. Tapi tahun ini berbeda. Pada balapan terakhir saya tak bisa full-throttle di trek lurus. Ban belakang banyak spin (berputar di tempat), saya pikir di Le Mans juga akan bermasalah dengan grip,” kata Pedrosa yang sudah 7 kali naik podium di Le Mans dan sekali juara 2013.

Pedrosa yakin masalah grip di Le Mans menjadi tantangan. Itu seperti tulisan pembuka soal Michelin yang sulit diprediksi soal senyawanya dengan trek. Apalagi menurut Pedrosa, aspal Le Mans bukan bertipe lintasan yang punya grip besar. Makanya dia akan bekerja keras di area tersebut sejak sesi latihan.

Dan menurut Pedrosa masalah grip ini jadi fokusnya saat tes di Jerez terhadap RC213V-nya.  Misalnya coba meningkatkan grip pada setelan suspensi yang berbeda.  “Juga beberapa solusi lain agar pegangan karet pada aspal makin besar saat motor membelok  dan akan membuat motor lebih cepat di itkung-tikungan berdekatan,” tambah Pedrosa yang berharap info test  di Jerez itu berguna di Le Mans.

Pedrosa sekali lagi meminta Michelin untuk mematenkan kompon yang konsisten setiap lomba. Maksudnya, konstruksi dan formulanya akan sama setiap sirkuit, tidak seperti empat seri lalu yang selalu berlainan karakternya. Pedrosa wajar menuntut seperti itu yang memang kelas motornya harusnya imbang dengan M1 Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi apalagi dengan rekan setimnya, Marc Marquez.

Demikian.. MM

BACA JUGA

MotoGP 2016: Berita Panas..! Pedrosa Gantikan Lorenzo Di Yamaha, Vinales DIpertahankan Suzuki

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Urusan Pol Espargaro Jadi Panjang, Dibantah Bossnya

MotoGP Le Mans (2016): Lorenzo Punya Modal Besar Di Ronde 5

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Peluang Rossi Menang Beruntun, M1-Nya Mendukung

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Jam Terbang Rossi 177 Podium, Pedrosa 101 Dan Lorenzo 100

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Marquez Sirkuit Stop And Go, Rem Pakem, Lalu Akselerasi

BAGIKAN