nhk

MotoGP 2016 Jelang Inggris: Gigi Harap 1 Lagi Buat Ducati, Kalau Perlu Di Silverstone



ManiakMotor – Menang di GP Austria dan nyaris juara di GP Ceko, bukti pengembangan Ducati Desmosedici GP16. Hampir di semua trek, kecuali Jerez dan Catalunya, pabrikan Italia yang sudah dibeli perusahaan Jerman itu, kompetitif. Mungkinkah kemenangan kedua di tujuh seri sisa musim ini?

Mungkin saja, wong namanya juga kemungkinan. Seeperti celetukan Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna, insinyur Italia yang menjadi otak revolusi Ducati. Dia punya orang ini kreatif termasuk memperkenalkan teknologi winglet yang dijiplak pabrikan lain dan dilarang pakai 2017. “Kami sangat kompetitif, berkali-kali podium dan nyaris menang. Juga mulai dapat setingan cocok dengan ban Michelin. Setelah kemenangan pertama, logikanya ada yang kedua dan seterusnya. Itu bukan lelucon. Kami akan fight sampai akhir musim,” ucap Gigi yang ‘dibajak’ dari tim Aprilia pada musim 2014.

Sebenarnya Gigi menarget kemenangan pertamanya  2015 kala meluncurkan  GP15. Tapi tiu motor masih kegedean tenaga, masih malas belok. Rada mendingan dengan Desmo ’16, power besar masih bisa diperintah membelok.  Sayang saja, para pembalapnya lebih banyak membalap di gravel ketimbang di aspal.

Soal larangan winglet, Gigi merasa sangat tak logis dengan alasan keamanan. Sebaliknya piranti itu membuat motor lebih stabil dan aman. Tekanan aero dinamiknya membuat down force motor lebih menjejak lintasan, sekaligus lebih mudah mengarahkan moncong depan sesuai racing line.

Meski kesal, Gigi tak ingin larut dengan larangan itu dan fokus mengarungi sisa balapan 2016. Ia ingin satu kemenangan lagi, tak peduli akan didapuk di sirkuit mana. Hasil tes Misano lalu yang bikin setingan dengan Michelin membaik membuat peluang makin terbuka. “Saya tak bercanda dengan target itu. Iannone dan Dovi sangat cepat dan mereka punya kapasitas menjadi pemenang,” tegas Gigi yang berbisik kalau perlu kemenangan itu didapat di Silverstone, sirkuit yang juga cepat.

Tahun depan, tentu saja arahnya adalah bertarung dalam perebutan gelar jurdun. Bukan mimpi karena pengalaman Gigi memang sarat dengan gelar jurdun. Bersama Aprlia ia sudah mengoleksi total 47 gelar juara dunia, termasuk bersama Jorge Lorenzo sebelum naik ke kelas primer. Masing-masing 22 gelar dikelas GP125 (12 jurdun pembalap dan 10 jurdun pabrikan), 20 gelar GP250 (10 pembalap dan 10 pabrikan), dan 5 gelar di WSBK (2 pembalap dan 3 pabrikan). Andro

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Inggris: Lelang Akrapovic Bertanda Tangan Rossi

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Marquez Biarkan Honda Wheelie, Daripada …..

MotoGP Inggris 2016 Jelang: Lorenzo Mulai Paham Karakter Ban Basah Michelin, Siap Libas Rossi

MotoGP 2016 Jelang Inggris: Permintaan Ducati, Michelin Siapkan Kompon Ban Basah Baru

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Honda Keluhkan Software Elektronik, Untung Ada Marquez

 

BAGIKAN