nhk

MotoGP 2016 Jelang Inggris: Permintaan Ducati, Michelin Siapkan Kompon Ban Basah Baru

ManiakMotor – Ducati memang tengah jadi isu seksi di kancah MotoGP. Publik ingin kejuaraan tak melulu milik Honda dan Yamaha. Ducati harus kompetitif agar balapan makin semarak.

Seri terdekat GP Inggris di Sirkuit Silverstone (2-4 September) bisa jadi bakal lebih ramai lagi. Belajar dari kondisi wet race di GP Ceko di mana strategi ban sangat vital, Michelin kini menyiapkan alokasi ban basah (wet tyre) semakin komplit untuk seri Silverstone.

Trek tradisonal balap Inggris itu juga acap diguyur hujan dan bukan tak mungkin bakal berlangsung wet race pula. Karena itu Michelin pun menciptakan kompon baru wet tyre tipe medium, agar pembalap lebih leluasa  menyusun strategi perangnya. Ke Ceko, pabrikan ban Prancis itu hanya mengalokasikan ban basah berkompon lembut dan keras.

Kebutuhan ban medium mengacu pada peristiwa di Ceko, di mana para pengguna soft tyre babak belur di pengujung lomba, sebaliknya pemakai hard tyre kesulitan di awal balapan tapi digdaya di akhir lomba.

Rider Ducati, Andrea Dovisiozo dan Andrea Iannone, adalah korban terparah. Ban depan mereka tergerus habis, padahal tampil jumawa di awal sampai pertengahan lomba. “Hanya tersedia dua kompon. Ironisnya, ban lembut terlalu lunak sementara ban keras terlalu keras. Akan lain ceritanya jika Michelin juga menyediakan tipe medium,” ujar Dovi seusai balapan, yang kecewa berat lantaran gagal memetik poin hanya karena salah pasang ban.

Keluhan sekaligus harapan itulah yang langsung direspon Michelin dengan menggelindingkan tipe medium di Silverstone.Tipe ban itu sudah diuji coba di Sachsenring tapi belumpernah resmi dikompetisikan. “Suhu di Silverstone diperkirakan bakal rendah. Kami belum pastikan apakah akan bawa wet tyre berkompon lunak dan medium saja, atau lengkap dengan ban basah berkompon keras juga. Yang pasti, akan tersedia tipe medium,” kata PieroTaramasso, petinggi Michelin.

Ya kamu rajinlah. Andro

BACA JUGA

MotoGP Inggris 2016 Jelang : Honda Keluhkan Software Elektronik, Untung Ada Marquez

 

BAGIKAN