nhk

MotoGP 2016 Jelang Inggris: Rossi Minta Secepatnya Pasang Sasis dan Swingarm Baru

 

ManiakMotor – Sasis anyar Yamaha yang diusung dalam tes Brno usai ronde 11 kemarin, apik kerjasanya dengan mesin. Langsung cucok dengan riding style Valentino Rossi. The Doctor pun segera minta sasis dan swingarm sesegera mungkin digunakan. Ya yang terdekat peda ronde berikutnya di GP Inggris dan sekaligu modal penting mengarungi sisa balapan.

Dalam tes itu Rossi memang kalah cepat dengan Jorge Lorenzo yang gunakan sasis lama. Tapi, Rossi melihat sisi lain, belulang M1 itu lebih stabil yang akhirnya nyaman pada beberapa area penting. Nanti hasilnya mampu meningkatkan lap time dan konsisten dalam balapan panjang.

Katanya sasis baru enak pada corner entry alias masuk tikungan. Sementara swingarm atau lengan ayun, justru tak banyak mengayunkan M1 di corner exit alias keluar tikungan yang saat bersamaan diiringi akselerasi. Berarti tenaga bisa tersalur. “Swingarm punya keuntungan berakselerasi dan sasis baru stabil saat menikung. Pokoknya saya suka kedua barang ini dan harus segera dipasang di sisa musim,” tandas Il Dottore yang juga sempat mengkombinasikan sasis lama dengan swingarm baru dan sebaliknya.

Rossi merasa kedua barang baru itu kini selaras dengan karakter ban pasokan Michelin. Ban itu juga dianggap telah mengalami peningkatan. “Setelah itu tinggal sedikit utak-utak elektronik,” tandasnya.

Sasis anyar M1 adalah pengembangan sasis yang diuji pada tes Barcelona lalu. Saat itu Rossi sudah oke dengan performanya, sementara Lorenzo masih pikir-pikir untuk mengembangkannya. Di GP Belanda, sasis itu dibawa tapi melihat kondisi lintasan maka kedua pembalap lebih memilih pakai sasis lama. 

Kini Rossi semakin yakin memilih setelah tes ulang di Brno, dengan paket komplit swingarm dan ban Michelin. Sepertinya ya Yamaha wajib memenuhi tuntutan Rossi, iya nggak? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2016 Ceko Pasca Race: Podium Ducati Hilang Percuma, Dikalahkan Strategi Ban

MotoGP Inggris 2016 Jelang: Tes di Brno, Lorenzo Tidak Dikasih Sasis Baru. Ini Alasannya

MotoGP Inggris 2016 Jelang: Rossi Kibarkan Bendera Putih Terhadap Marquez, Fokusnya Lorenzo

MotoGP 2016 Ceko (Race): Main Pintar, Marquez Amankan Poin Krusial

MotoGP 2016 Ceko (Race): Ngudek Marquez 53 Poin, Rossi Santai Beibeh

BAGIKAN