nhk

MotoGP 2016 Jelang Losail: Andai Langsung Balap, Lorenzo Langsung Kabur, Rossi/Vinales Pegang Ekornya

ManiakMotor –  Andai balapannya langsung usai tes pramusim di Losail, Qatar, Jorge Lorenzo kandidatnya. Bahkan dia sudah kabur duluan sejak start. Ingat, Lorenzo pakar di garis start. Dia juga ahli melarikan motornya di saat ban belum terlalu panas bersenyawa dengan aspal.

Tapi bukan itu bro modal Lorenzo. Yamaha M1-nya lagi top performa saat tes Losail. Dia meninggalkan posisi kedua saat tes di atas setengah detik. Lajunya saban lap pun konsisten.  “Benar. Kalau race-nya langsung usai tes ini, saya punya potensi juara,” kata Lorenzo yang sebut hal serupa ketika jaya di tes Sepang yang dia dewek yang di bawah 2 menit.

Tes dan balap berbeda. Balap mempertaruhkan poin sama saja dengan karir pembalapnya. Race juga dikejar dan mengejar. Tapi tes juga bisa jadi alat pembanding. Termasuk mereken yang bisa kejar  Lorenzo adalah Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Ada alasan keduanya diangkat yang bisa menangkap ‘ekor’ Lorenzo.

Vinales ini bukan pembalap yang sekadar cepat di hari terakhir dan di ujung sesi saat tes. Dia rajin setiap hari dan dari jam ke jam menempel ke depan. Boleh ditinjau di data, betapa konstannya catatan waktunya walau dia gonta-ganti set-up. “Bahkan masih menguji dua sasis,” kata Vinales mengingatkan.   

Sedang Rossi kalau masih berada di 10 besar di semua sesi apalagi baru ujicoba, dia belum kalah. Potensinya menang masih terbuka. Akal Rossi  banyak soal strategi balapan. Makanya gelarnya The Doctor. Apalagi ucapannya selalu bilang positif soal semua hasil tes yang ia lakukan.

Ditambah pula posisinya nggak kalah-kalah amat dari barisan yang tercepat. Macam posisinya saat free practice tat kala melacak settingan motor untuk race. Ditambah pula di Losail, Rossi sudah khatam soal membangun settingan di situ. Juara empat kali di sana bro, sedang Lorenzo baru sekali. “Kecepatan saat tes menjanjikan. Memang nggak pernah memimpin, tapi tolong lihat pace saya,” pinta Rossi.  

Vinales dan Rossi kudu  waspada dengan tipikal Lorenzo yang suka kabur. Yakin deh, Lorenzo akan menggabungkan kemampuan M1-nya seperti tes dan spesialisasi start tadi. Bersamaan dengan itu, keduanya memperhitungkan lawan lain. Bisa saja Marc Marquez dan Dani Pedrosa from Honda meningkatkan keterampilan mereka bersama motor di sesi latihan menghadapi ronde pertama di Qatar pada 20 Maret 2016. Belum lagi Ducati pabrik dan satelit.

Berarti belum bisa ditebak dong. Ya iyalah, kan judulnya andai langsung balap. Ito   

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Rossi Vs Marquez, Dua Jagoan Tidak Pernah Puncaki Tes

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Suzuki Tinggal Tunggu Podium Vinales, Dapat Amunisi Full SSG

MotoGP 2016: Tes Privat Stoner Di Qatar 6 – 7 Maret Batal, Salahi Aturan

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Redding Pemain Satelit Yang Melejit Di Tes Losail

MotoGP 2016 Pasca Tes Qatar: Lewat Simulasi, Rossi Ungkap Kinerja Elektronik Baru

 

 

    

BAGIKAN