nhk

MotoGP 2016 Jelang Losail: Harusnya Ducati Memaksa Stoner Balapan

ManiakMotor – Ini hanya oponi penulis saja. Seharusnya, Ducati bisa memaksa Casey Stoner untuk balapan. Logikanya posisi Ducati kan yang mengontrak. Pabrikan Italia ini yang punya fulus membayar Stoner. MoU (memorandum of understanding) pada kontrak, mereka yang punya posisi tawar.

Sekali lagi, ini hanya opini dan ada logikanya. Saat ini, Ducati malah menyerahkan pada Stoner mau balap atau hanya sekadar tukang uji. Kontraknya terserah Stoner, gitu loh. “Ducati mempersilakan pada Casey, dia yang menentukan mau balap atau tidak,” komentar para petinggi Ducati berulang-ulang.

Kalau melihat hasil test para pembalap inti Ducati yang rada keteteran, Stoner kudu ambil bagian. Yang dekat tes Losail, Qatar pda 2 – 4 Maret lalu. Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso malah kalah dari Ducati satelit. Di Qatar Iannone ke-6 dan Dovi ke-8. “Kami masih punya kesempatan meningkatkan performa saat babak latihan menghadapi lomba,” kata Iannone yang diangguki si Dovi untuk membesarkan hati mereka.

Tahun lalu, pada tes di tempat yang sama atau sirkuit Losail, Iannone dan apalagi Dovi, begitu dominan. Hasil tes ini membawa mereka cepat adaptasi di seri pertama MotoGP di sirkuit di Timur Tengah itu. Ketika lomba hanya Valentino Rossi yang mereka tak bisa kalahkan.

Karenanya, Stoner segera dibudidayakan bukan sekadar pengumpul data dari uji coba. Tahu sendiri, sampai saat ini hanya Stoner yang mengerti betul karakter Ducati. Kan ada bukti juara dunia 2007 dan dengan mudah juara seri saat dia membela Ducati. Bahkan di tes Sepang Februari 2016, dia lama nggak berkempetisi langsung tercepat dari semua pembalap Ducati di hari ketiga.

Jangan-jangan memang isi kontraknya posisi tawar  Stoner lebih tinggi. Jadi suka-suka dialah mau balap atau sekadar tes. Atau jangan-jangan juga bayaran Ducati memang jumlahnya sekadar untuk tes pada pembalap Oztrali itu. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Losail: Andai Langsung Balap, Lorenzo Langsung Kabur, Rossi/Vinales Pegang Ekornya

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Rossi Vs Marquez, Dua Jagoan Tidak Pernah Puncaki Tes

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Suzuki Tinggal Tunggu Podium Vinales, Dapat Amunisi Full SSG

MotoGP 2016: Tes Privat Stoner Di Qatar 6 – 7 Maret Batal, Salahi Aturan

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Redding Pemain Satelit Yang Melejit Di Tes Losail

BAGIKAN