nhk

MotoGP 2016 (Jelang Misano): Rossi Minta Yamaha Berbenah, Sudah Tersaingi Di Trek Cepat

ManiakMotor – Secara pribadi Valentino Rossi menyukai hasil akhir dan proses pertarungan di Silverstone. Tapi, secara tim, ia ingatkan Yamaha agar segera berbenah menyusuri enam balapan sisa. Bisa jadi mulai tersaingi di trek cepat seperti ditekuk Ducati di Austria dan Suzuki di Inggris? Padahal masih ada separuhnya trek cepat dari enam seri sisa.

Benar kan! The Doctor merasa keuntungan M1 melibas fast corner sudah kurang ampuh, karena ada yang lebih cepat. Tenaganya sembari menikung kencang nggak bisa dikeluarkan semua seperti tradisinya di Silverstone.  Ia bisa finish podium bukan karena kehebatan M1, tapi karena Andrea Iannone (Ducati) terjatuh saat posisinya di depan Rossi, juga kesalahan yang dilakukan Marc Marquez (Honda) di saat-saat terakhir. Saat sama kalah dari Maverick Vinales pakai Suzuki dan Cal Crutchlow menggunakan Honda satelit.

Bila kedua pesaing itu tak bermasalah, paling banter hasil akhir The Doctor adalah finish ke-5. Di sisi lain, M1 yang digeber Jorge Lorenzo juga bermasalah dan hanya mampu ke-8. “Ini peringatan buat Yamaha. Kami tak lagi sekuat awal musim dan harus diketahui sebab dan solusinya untuk sisa musim. M1 kepayahan di Silverstone, bukan hanya kalah dari Honda tapi juga dari Ducati dan Suzuki. Di awal musim, M1 paling kompetitif. Sekarang tidak dan Yamaha harus berbenah,” tandas Rossi.

Pembedahan dan pengembangan terdekat diharapkan Rossi terjadi di seri Misano pada 11 September. Pada home race-nya yang hanya beberapa menit dari kampungnya di Tavuilla, Italia, ia berharap bisa tarung berebut gelar dengan kekuatan diri penguasan sirkuit dan motor itu sendiri. Bukan karena kesialan pembalap lain.

Istilahnya, The Doctor ingin menang murni di tengah puluhan ribu penggemarnya yang dominan dengan atribut kuning dan bendera VR46. “Di Misano, semangat bertarung selalu berlipat,” imbuhnya dan tentu semangat itu hanya akan ada artinya jika diimbangi dengan motor yang apik. “Saya sangat menyukai balapan di Misano. Tak perduli dengan selisih poin di klasemen, target adalah bertarung berebut juara,” tutup Rossi.

Karena sudah ditutup, ya segitu saja komentarnya. Yang jelas, sikuit Misano tipe sirkuit yang sedang-sedang saja. Cepat nggak, lambat juga tidak. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2016 (Jelang Misano): Suzuki Menang, Iannone Turut Bahagia

MotoGP 2016 (Jelang Misano): Vinales Nyesal Pindah ke Yamaha?

MotoGP 2016 (Jelang Misano): Rossi Inginkan Duel Macam Silverstone

MotoGP Inggris 2016 Jelang Misano: Cal Yang Cepat di Silverstone Atau Motornya? Ya Dua-Duanya

MotoGP 2016 Inggris (Race): Lorenzo Andalkan Strategi Kuno, Kalah dan Menyerah di Klasemen

BAGIKAN