nhk

MotoGP 2016 (Jelang Misano): Vinales Nyesal Pindah ke Yamaha?

ManiakMotor – Podium di GP Prancis dan kemenangan perdana di GP Inggris, bukti Maverick Vinales (MV) kompetitif. Fakta juga perkembangan Suzuki GSX-RR. Bukan cuma menang, tapi itu GSX-RR dominan sejak awal sampai garis finish.

MV mengakui perkembangan teknis Suzuki memang luar biasa dalam beberapa race terakhir. Itu terjadi di medan basah maupun kering. Sejak GP Ceko mereka berkutat memodifikasi elektronik guna dapatkan setingan mengawetkan ban untuk lomba. “Semua orang dalam tim bekerja keras untuk mencapai hal itu. Kini motor kompetiti, saya ingin lanjutkan tren ini,” kata MV, pembalap Spanyol yang baru berusia 21 tahun dan digadang-gadang menjadi lawan sebanding Marc Marquez kala membetot M1 tahun depan.

Sayangnya, niat MV melambungkan Suzuki kembali di kancah MotoGP hanya bisa dilakoni dalam beberapa seri ke depan.  Ia sudah terlanjur teken kontrak menjadi pembalap Movistar Yamaha tahun depan, mendampingi Valentino Rossi.

Lantas, menyesalkah ia pindah ke Yamaha, saat Suzuki telah memberinya kemenangan? Sebab saat mau pindah pun doski ragu. “Kemenangan ini memang sangat spesial. Tapi, saya tak menyesal pindah ke Yamaha. Saat membuat keputusan maka harus dijalani 100%. Kemenangan ini adalah cara berpisah yang luar biasa dengan seluruh anggota tim yang juga kerja luar biasa. Ini diraih berkat keuletan mereka,” ujar MV yang jurdun Moto3 musim 2013 dan hanya semusim (2014) di kancah Moto2 dengan hasil peringkat 3 kejuaraan dunia.

Nah, kalau dengan Suzuki saja ia bisa podium dan juara, tentu potensinya semakin besar kala menggenjot M1 tahun depan. Bagaimana pun pabrikan Yamaha masih dianggap level atas di MotoGP. Tapi, MV tak ingin membahas soal-soal tahun depan.

Energinya saat ini ingin ia tuntaskan denganS uzuki, terdekat adalah seri Misano pada 11 September. Terlebih karena prediski cuaca di Misano nantinya yang kering dengan suhu udara 28 derajat celcius. Lebih panas dari Silverstone yang 18 derajat celcius. “Akan sedikit lebih panas di Misano, saya kira kami punya peluang,” imbuhnya.

Mantaplah. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2016 (Jelang Misano): Rossi Inginkan Duel Macam Silverstone

MotoGP Inggris 2016 Jelang Misano: Cal Yang Cepat di Silverstone Atau Motornya? Ya Dua-Duanya

MotoGP 2016 Inggris (Race): Lorenzo Andalkan Strategi Kuno, Kalah dan Menyerah di Klasemen

MotoGP Inggris 2016 (Pasca Race): Salah Pilih Ban, Marquez Tak Merasa Kalah Dari Rossi

MotoGP 2016 Inggris (Pasca Race): Vinales Dintungkan Putaran Menengah Sikit Ke Atas GSX-RR

BAGIKAN