nhk

MotoGP 2016 Jelang Motegi: GP17 Mulai Ditest Tanpa Winglet, Diseting Untuk Lorenzo

Ducati GP17

 

ManiakMotor – Ducati membatalkan rencana tes di Jerez gara-gara Yamaha melarang Jorge Lorenzo. Di berita lalu memang begitu. Gantinya, Ducati alihkan tes ke Valencia akhir pekan ini dan kaitannya juga dengan Lorenzo.

Tes Valencia ini akan luncurkan Desmosedici GP17 untuk pertama kalinya. Pembesutnya adalah test rider Michelle Pirro. Karena itu, Pirro tak bisa gantikan Andrea Iannone di GP Jepang pada 16 Oktober nanti.

GP17 ini tak lagi dilengkapi winglet yang selama ini jadi andalan Ducati mengakali aerodinamikanya. Boleh merek lain bermain winglet agar motor tak ngangkat-ngangkat, tapi buat Ducati lebih dari itu. Winglet pada Ducati bagian dari down force pada peralihan bobot untuk mengakali front end agar ikut racing line. Maksudnya dengan tekanan angin itu, Ducati GP16 bisa cepat belok, nggak melebar-lebar.

Ducati ingin dapatkan solusi itu pada test ini setelah winglet dicopot. Agenda lain yang tak kalah penting adalah membangun setingan yang sesuai dengan riding style Lorenzo.Tujuannya agar calon joki Ducati itu bisa lebih cepat nyetel dengan GP17 kala tes resmi usai GP Valencia pertengahan November mendatang. Tugas Pirro untuk membangun basis set up yang sesuai dengan karakter Lorenzo di atas motor. Dengan begitu, JL tak harus kerja dari nol saat besut GP17 kali pertama.

Pirro sendiri membantah sudah ada bisik-bisik pesanan dari Lorenzo, juga membantah tanya wani piro hehehe. Dia berjanji kerahkan semua kemampuannya. Dan, usai tes, Pirro pun langsung terbang ke Australia untukjaga-jaga kalau Iannone masih belum bisa tampil. Andro

BAGIKAN