nhk

MotoGP 2016 Jelang Motegi: Mestinya Ducati Ambil Marquez, Bukan Lorenzo

Marquez vs Lorenzo Ducati

 

ManiakMotor – Ducati telah membajak Jorge Lorenzo untuk musim 2017 dalam rangka menjadikan motor Italia itu kembali juara dunia setelah yang pertama dan terakhir pada 2007. Penantian 10 tahun. Akankah berhasil?

Langkah JL ke Ducati memang sebuah pertaruhan ibarat judi, bisa menang dan kalah. Bukan hanya kalah, tapi juga bisa bikin stres berkepanjangan seperti dialami Valentino Rossi kala membesut Ducati musim 2011-2012. Padahal The Doctor paham betul soal teknik, riset dan terjun langsung dalam pengembangan motor. Rada beda dengan Lorenzo yang selama ini terkesan hanya menunggu dibuatkan motor yang dahsyat.

Bisa jadi itu salah satu faktor mengapa Cal Crutchlow menilai Ducati salah mencaplok Lorenzo. Dengan JL, katanya, sama sekali tak ada garansi Ducati akan kembali juara dunia. “Jika Ducati memang ingin gelar dunia lagi, seharusnya mereka ambil Marquez. Bukan Lorenzo. Sayangnya, mungkin Ducati punya tawaran yang kurang menggiurkan atau Marquez yang tak ingin pindah dari Honda,” ucap Cal yang menjadi rider pabrikan Ducati musim 2014 setelah sebelumnya membesut M1 lewat timYamaha Tech3 dan kini pakai  RC213V lewat tim LCR Honda.

Karena pernah pakai semua motor yang dibalapkan di MotoGP itu, bolehlah Cal tepuk dada soal pengetahuan, “Saya pembalap yang paling tahu soal motor semua pabrikan top.”

Cal dengan tegas bilang berani memastikan Lorenzo bakal gagal di Ducati tanpa khawatir yang bersangkutan akan marah dan memusuhinya. Toh, saat ini saja Cal juga nggak kompak kok sama JL. Itu sangat jelas ia tunjukkan saat membela Rossi yang perang mulut dengan JL gara-gara kasus serobotan jalur di Misano.

“Ia bilang Rossi menyalip terlalu agresif, seolah ia tak pernah lakukan hal sama. Jika Anda disusul lawan, yang harus dilakukan adalah coba menyusulnya lagi atau  menyerah kalau tak sanggup. Itu pilihannya,” tandas Cal menyindir Lorenzo.

Dan, kini, tiba-tiba ia bilang Ducati salah besar menggaji Lorenzo. Hmmmmm, apa ya sesungguhnya maksud Si Cal ini? Andro

BAGIKAN