nhk

MotoGP 2016 Jelang Motegi: Michelin Siapkan 4.000 Ban, Butuh Kapal Mengangkutnya

Michelin MotoGP Asia

 

ManiakMotor – Tiga balapan beruntun dalam tiga minggu di Motegi, Philip Island, dan Sepang membuat pasukan logistik Michelin di pabrik mereka, Prancis, harus putar otak atur proses pengiriman dan distribusi. Maklum, ada 4.000 ban yang harus dipasok dalam waktu yang hampir bersamaan. Jauh pula dari markas mereka.

Ini kali pertama Michelin menghadapi situasi demikian. Namun, seperti dikatakan PieroTaramasso sang manajer sport Michelin, itu menjadi tantangan tersendiri. Mereka melakukan latihan yang sebenarnya menghadapi situasi pada kompetisi berikutnya. “Agar semuanya berjalan lancar, sebagian pasokan kami kirim lewat laut (kapal). Sebagian lainnya lewat udara,” katanya lewat rilis resmi Michelin yang juga diterima portal ini.

Tak hanya pengiriman yang rumit, proses produksi Michelin juga harus diperlakukan khusus. Pasalnya, ban yang diproduksi harus disesuaikan dengan karakter masing-masing trek. Untuk Motegi, misalnya, Michelin mengalokasikan ban belakang asimetris yang bagian kanannya lebih tebal dari sebelahnya.

Bukan saja karena tikungan lebih banyak ke kanan (8) ketimbang kiri (6), tapi juga karena hard braking dan akselerasi di Motegi lebih menguras sisi kanan. Tentu saja ban eks Motegi itu tidak bisa dipakai di Philip Island maupun Sepang.

Selebihnya ya hampir sama saja. Untuk ban depan tersedia kompon lembut, medium dan keras yang semuanya dibikin lebih keras di tengah agar daya jelajahnya lebih panjang. Untuk belakang hanya tersedia tipe lembut dan medium. Untuk mengantisipasi Motegi yang acap hujan di bulan Oktober, Michelin juga bawa ban basah (full wet tyre) berkompon lembut dan medium untuk depan dan belakang. Sementara yang model intermediate disiapkan untuk menghadapi kondisi trek yang berubah-ubah.

Seperti ronde-ronde sebelumnya di Eropa dan benua Amrik, di Motegi pun faktor ban diprediksi jadi kunci sukses seorang rider menentukan posisi finish-nya. Andro

BAGIKAN