nhk

MotoGP 2016 Jelang Motegi: Teknologi Baru, Rossi Bisa ‘SMS-an’ Sambil Balap

Teknologi komunikasi MotoGP ke depan
Teknologi komunikasi MotoGP ke depan

 

ManiakMotor – Beberapa bulan silam Valentino Rossi usulkan penggunaan radio komunikasi. Itu   memungkinkan tim mengirim informasi kepada pembalap di lintasan saat terjadi situasi krodit dari perubahan kondisi. Pro dan kontra terjadi. Yang terbuka menentang adalah Marc Marquez dengan alasan safety, katanya masa sih ngobrol selagi balap.

Tidak dalam bentuk radio, tapi tahun depan bisalah Rossi dapatkan sebagian yang diinginkannya. Bakal hadir teknologi baru di MotoGP. Sebuah panel akan dipasang pada dashboard di motor pembalap. Fungsinya  menerima pesan-pesan singkat macam SMS. Wah kalau sms masih memakan pulsa, mendingan WatssApp (WA), hehe.

Intinya info dari tim yang harus segera diketahui pembalap yang tengah berjibaku di lintasan. Bentuknya seperti foto yang dilansir crash.net di halaman ini. “Ini baru uji coba sampai akhir tahun. Kami menunggu masukan dari tim, pesan-pesan apa saja yang relevan dimasukkan dalam sistem ini,” kata Mike Webb yang jabatannya Race Director MotoGP pada alat yang menjadi tanggung jawab Magneti Marelli sebagai pemegang hak elektronik MotoGP.

Selama ini pesan yang bisa dibaca pembalap di dashboard masing-masing adalah kode-kode seperti red atau black flag serta perintah menjalani ride-through penalty. Dengan piranti baru ini maka akan lebih banyak pesan yang bisa dikirimkan oleh tim, termasuk strategi dan manajemen ban saat lomba berlangsung.

“Alat ini juga akan sangat membantu kala balapan terjadi flag to flag. Khususnya informasi pada lap keberapa pembalap harus masuk pit,” imbuh Webb mengingatkan kasus Marquez di Philip Island yang bablas, seharusnya masuk pit sehingga terkena diskualifikasi.

Iya, tapi kalau masih satu arah komunikasinya, masih lemah sikit. Harusnya ada jawaban dari pembalap walau hanya kode. Misalnya mau nggak pakai ban soft, saat terjadi flag to flag. Jawabnya ya atau tidak pada tombol yang muidah dipencet tanpa harus melepas tangannya dari setang kemudi. Andro

BAGIKAN