nhk

MotoGP 2016 Jelang Philip Island: Marquez Juara Beruntung Doang, Itu Kata Lorenzo

Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Valentino Rossi, Juara Dunia MotoGP

 

ManiakMotor – Baru empat tahun (2013-2016) di kelas para raja, Marc Marquez sudah torehkan 3 gelar dunia. Menyamai rekor Jorge Lorenzo yang juga tiga kali jurdun pada 2010, 2012, dan 2015. Bedanya, JL dapatkan itu sejak main di MotoGP pada 2008, dalam 9 tahun.

Selain pemegang rekor jurdun termuda sepanjang sejarah, MM juga mecahkan rekor rider termuda yang sukses meraih tiga gelar MotoGP. Tak pelak namanya makin sohor dan jadi idola baru di Spanyol, bersaing dengan JL.

Entah ngiri atau memang begitu adanya, JL pun berkomentar kalau Si Marquez itu hanya menang beruntung saja selama ini. Praktis hanya musim 2014 ia terbilang hebat dengan kemenangan 10 kali beruntun. Selebihnya, ya modal keberuntungan doang. “Contohnya 2013. Ia beruntung dapat motor yang saat itu memang lebih baik dari Yamaha. Ia juga sangat beruntung tak cidera sedikitpun, padahal 15 kali kecelakaan. Beda dengan saya, begitu kecelakaan (Assen) langsung patah tulang,” beber JL kala tiba di Sidney dalam rangka GP Australia pekan ini.

Keberuntungan sama terjadi musim 2016 ini. M1 besutan JL sebenarnya lebih kompetititf dibandingkan RC213V milik MM. Hanya saja MM konsisten finish mendapuk poin sementara JL 4 kali pulang tanpa poin karena kecelakaan  saat raceday.

Sebaliknya, MM juga banyak insiden celaka sepanjang musim ini. Untungnya, semuanya terjadi saat latihan yang nggak ngaruh pada poin. “Ia sangat beruntung. Kadang faktor nasib memang lebih penting,” imbuh JL seolah –olah Dek Marquez itu kalah skill darinya.

Wah, kayaknya nggak terima nih! Andro

BAGIKAN