nhk

MotoGP 2016 Jelang Qatar; Kenali ‘Spek’ Sirkuit Losail, Buat Pegangan Menonton

 

 

ManiakMotor – Sebelum tarung kenali dulu medannya. Buat penonton perlu juga untuk mengetahui spesifikasi sirkuitnya untuk sebagai pegangan di depan televisi. Termasuk sirkuit Losail, Qatar yang jadi gelanggang ronde pertama MotoGP 2016 pada 20 Maret nanti dan sesi latihannya sudah mulai 17 Maret. Tahun ini motor mereka menggunakan ban Michelin dan elektronik baru bersama regulasi bawaamnya. Prediksinya lebih banyak yang di depan berebut podium. Itu prediksi. 

Dari hasil tes di sirkuit di pinggiran kota Doha, ibu kota Qatar itu, memang ketat. Kecuali Jorge Lorenzo yang saat test lalu berlari sendirian di bawah 1 menit 55 detik, selebihnya dekat-dekatan. Itu hal pertama yang bikin ketat.

Selanjutnya para pembalap akan sulit mempertahankan konsistennya setiap lap. Itu sesuai keluhan mereka, ya pembalap pada elektronik ‘kelas dua’ dibanding digunakan pabrikan tahun lalu. Berarti catatan Lorenzo itu belum bisa jadi pegangan. 

Karena kurang konstan itu akan mudah tersusul lagi dan akhirnya membentuk rombongan. Kalau sudah rombongan, balapan menjadi menarik. Setiap saat akan terjadi salip-salipan.  Situasi demikian juga sudah diprediksi Valentino Rossi dan Marc Marquez setelah mempelajari elektronik mereka. 

Lalu, soal ban baru yang top set-up-nya belum ketemu betul. Pembalap masih cari enaknya soal penyesuaian pada seluruh struktur motornya. Feeling pembalap terhadap grip juga belum dikuasai sepenuhnya. Pada ujungnya juga cerita konstannya catatan waktu setiap lap.       

Konsisten ini perlu, lantaran Losail dari total panjangnya seperti pada data di samping tulisan ini, dirintangi 16 tikungan. Juga ada istimewanya bermain malam di mana kelembabannya tinggi. Maksudnya, walau malam tetap menguras stamina. Tahun lalu saja humidity atau kelembaban 83%, semakin tinggi kian tipis udara untuk bernafas. Padahal suhu sekitar bermain 22o dan suhu trek dari 26 – 28o.

Dari data yang pernah juara di sini, Rossi dan Casey Stoner empat kali juara di sana. Sayang, Stoner belum konfirmasi apakah memanfaatkan wild card-nya atau tidak. Lalu Jorge Lorenzo dua kali dan Marquez sekali. Ini tahun ke-12 Losail digunakan untuk MotoGP. Juga satu-satunya sirkuit yang menggelar malam yang terpaksa biki begadang di Indonesia. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Losail (Jelang): Delapan Pembalap Akan Membentuk Rombongan Depan

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Ducati Jadi Kartu Tawar Lorenzo Di Yamaha

MotoGP 2016: Rossi Bilang Marquez Menipunya, Strategi Tekan Mental Jelang Qatar

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Pesan Rossi Sebelum Ke Losail, Balap Sampai 39 Tahun

MotoGP 2016: Ban Michelin Tiga Tipe Kering Dan Tiga Basah

BAGIKAN