nhk

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Pesan Rossi Sebelum Ke Losail, Balap Sampai 39 Tahun

ManiakMotor – Yang diajari sebenarnya joki-joki yang tergabung di VR46 Riders Academy. Sebagian besar dari mereka menyebar di Moto2 dan Moto3. Sebelum berangkat ke Qatar diberi pesan yang berisi wejangan dari suhunya, siapa lagi kalau bukan Valentino Rossi.

Tidak diceritakan para murid harus berbuat apa di Losail, yang pasti harus bermain baik di sirkuit yang menggabungkan putaran atas dan bawah. Maksudnya akan ditemui tikungan lambat, sedang, cepat dan trek lurus lumayan panjang yang 1068 meter. Panjang total Losail 5.4 km da nada 16 tikungan.

Rossi memberi petunjuk pada muridnya di ranch miliknya yang sekaligus tempat latihan dirt track pada 9 Maret 2016 lalu. Sekalian Rossi juga ikut berlatih menuju Qatar. Aje gile, walau di trek tanah yang mereka diskusikan adalah sirkuit Losail. Ya lihat saja foto di atas dan perhatikan kertas di atas meja, ya gambar sirkuit Losail.

Khusus Rossi, Losail sudah di luar kepala. Sebab dia sudah empat kali menang di Qatar. Jumlah kemenangan ini hanya bisa disaingi Casey Stoner. “Tes pramusim 2016 berjalan lebih baik dari tahun lalu. Juga akan memulai di sirkuit yang salah satu balapan terbaik dalam karir saya. Tapi tahun ini memang berat, meski ingin naik podium di Losail,” kata Rossi yang bercerita pada koran Italia La Gazzetta dello Sport yang barusan diterbitkan.

Rossi cerita banyak di Koran itu, termasuk soal kontraknya di Yamaha yang kelekarnya kalau bisa sampai dia ubanan. Seriusnya paling tidak di umur 39 tahun masih bisa di MotoGP. Sebab kalau diperpanjang Yamaha, kontraknya berdurasi 2 tahun, saat ini umurnya 37 tahun. “Untuk perpanjangan kontrak  tahun ini masih akan melihat 5 sampai 6 seri  ke depan,” tambah Rossi soal kepastian kontraknya.

Rossi juga berharap agar tahun ini jangan hanya sampai jago di awal tapi malah kerepotan di akhir-akhir seri. Dia lebih suka sedang-sedang saja di awal seri, tapi sangat kuat di akhir seri. Lebih bagusnya lagi sih, kuat di semua seri. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Rossi Bilang Marquez Menipunya, Strategi Tekan Mental Jelang Qatar

MotoGP 2016: Ban Michelin Tiga Tipe Kering Dan Tiga Basah

MotoGP 2016: KTM RC16 Diuji (Lagi) Di Valencia, Kejar Seri Di Austria

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Agostini Prediksi Lebih Gaduh, Lanjutan Rossi Vs Marquez

MotoGP 2016 Jelang Losail: Harusnya Ducati Memaksa Stoner Balapan

MotoGP 2016 Jelang Losail: Andai Langsung Balap, Lorenzo Langsung Kabur, Rossi/Vinales Pegang Ekornya

BAGIKAN