nhk

MotoGP 2016 Jelang Race: Waktu Pengereman Di Motegi Saat Race 13 Menit, Setiap Lap 33 Detik

 

ManiakMotor – Jika di Indonesia seperti trek dadakan yang bikin kesemutan lengan kanan pembalap, bagi yang latihan fisiknya minim. Kan sebentar-sebentar mengerem. Remnya bukan Brembo yang piston kalipernya diameternya besar-besar dan banyak. Juga ditunjang hidrauliknya yang canggih sehingga tetap lembut diremas walau terjadi pengereman keras. Paling yang tersiksa piringan rem dan pistonnya.

Hal itu diungkap perusahaan rem Brembo yang banyak digunakan di MotoGP soal Motegi, sirkuit di Jepang yang dipakai ronde 15. Menurut Brembo bila skala nilai kesulitan pengereman 1 – 5, Motegi berada di angka lima. Tantangan buat pembalap dalam hal meremas dan keakuratan pada titik menahan laju motor. Seperti dibilang tadi, bila lengan joki nggak kuat tentu akan keram. Tapi kan pemain MotoGP soal ini punya latihan fisik yang keras.

Setiap lap rata-rata pembalap membutuhkan waktu pengereman 33 detik dari 14 tikungan yang dilewati di Motegi. Setiap lap catatan waktu rata-rata seperti FP1 dan FP2 pada Jumat 14 Oktober 2016 adalah 1 menit 46 detik. Nah jika lomba 24 lap, waktu digunakan untuk mengerem adalah 13 menit, lama balapan sekitar 43 menit. Hitung saja, dua jari tangan kanan pembalap meeramas selama 13 menit sembari melaju dengan semua tungkai dan indra terkonsentrasi.

Dari 14 tikungan Motegi hanya 11 yang membutuhkan pengeraman, tiga lainnya tikungan lambat yang nggak butuh rem karena kecepatannya sudah pas. Paling keras di depan turn atau radius 11 (R11) atau usai melahap trek lurus Motegi. Dari R10 menuju R11  dengan jarak 762 meter, motor MotoGP bisa mencapai 310 km/jam dalam jarak 517 meter. Berarti ada 245 meter area pengereman. Sudut atau curve tikungan 11 ini bentuk 90o sehingga pengereman deras sampai motor dipaksa 82 km/jam. Itu sama dengan deselerasi terjadi dalam beban 1.17 g. Waw… sih waw… dalam jarak itu waktu pengereman yang dibutuhkan 4,9 detik. Beban tuas rem setara 7.3 kg dari tekanan tangan joki.

Kesulitan tingkat berikutnya pada turn 1 yang punya beban 6,7 kg ditekan pada tuas rem. Di situ Valentino Rossi cs butuh 4,6 detik dalam jarak 225 meter pengereman dari kecepatan 285 km/jam. Lalu ada tiga tikungan yang juga kategori berat dalam pengeraman. Pokoknya hanya ada tiga tikungan yang ringan untuk rem di Motegi ini.

Tentu saja, karena Brembo yang mengabarkan sama dengan promosi barang mereka yang kuat. Pilihan di Motegi ini memakai cakram diameter 340 mm. Kata Brembo, dalam lomba tekanan beban diterima piringan setara 12 ton. Mantaplah Brembo, taruhannya stamina pembalap terutama lengan. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi, Jepang, Moto2, Moto3, 14 – 16 Oktober 2016

BAGIKAN