nhk

MotoGP 2016 Jelang Sachsenring: Bisa Nggak Jolor Kalahkan Marquez?

ManiakMotor – Trek Sachsenring sama sekali ndak cucok bagi Jorge Lorenzo. Bertolak belakang pulak dengan karakternya yang ogah repot. Ya repot sebentar nikung sebentar dan sebentar lagi gas. Lorenzo lebih suka sirkuit menikung cepat sehingga M1-nya terbangus seperti gayanya. Buktinya Jorge Lorenzo tak pernah menang di sirkuit anticlockwise alias balapan melawan arah jarum jam itu.

Dari fakta itu tentu sulit menjagokan Mas Jolor mampu mengepruk duet joki RC213V, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, yang selama ini penguasa Sachsenring. Tapi, jangan lupa, fakta sepanjang musim 2016 juga layak menjadi acuan dimana keunggulan teknis motor masing-masing tak selalu bisa jadi parameter meraih kemenangan.

Itu terkait dengan regulasi baru soal elektronik dan ban Michelin yang baru kali ini lagi mengaspal di Sachsenring.  Faktor inilah yang membuat semangat Jolor tetap menggebu meraih kemenangan perdana di Sachsenring pada Minggu 17 Juli dalam rangka ronde ke-9 kompetisi tahun ini. “Sebelumnya trek itu memang tak cocok dengan riding style saya. Performa M1 juga kalah dibanding pesaing yang lebih cocok di sana. Tapi, regulasi baru membuat segala sesuatunya sulit diprediksi, apa saja bisa terjadi seperti contoh di seri terdahulu,” ucap JL.

Ia akui bakal sulit mengepruk Honda, utamanya MM yang tetap pakai sasis andalan 2014-nya di Sachsenring. Namun, ya itu tadi, apa pun bisa terjadi, dan JL berharap kali ini ada perbedaaan di Sachsenring. Siapa tahu justru ban asimetris yang dibawa Michelin ke Sachsnering justru cocok dengan kebutuhannya meski awalnya nggak suka. Yah, namanya berharap ya boleh dong!

“Kami akan bangun setingan terbaik dan coba mengalahkan Marc dalam balapan. Jika tak bisa menang, setidaknya tak banyak kehilangan poin sepertidi Catalunya dan Assen agar selisih poin tak makin jauh,” imbuh JL yang retire di GPCatalunya dan finish ke-10 di Assen.

Selisih 24 poin saat ini, kata Lorenzo sih, belum pada level mengkhawatirkan dan masih bisa dikelola dalam 10 seri balap berikutnya. Syaratnya, tak boleh banyak membuang poin di Sachsenring. Jika memungkinkan ya finish di depan Marquez. “Harapan saya jelas mengalahkan Marc dan meraih kemenangan perdana di sirkuit itu. Jika tidak bisa, minimal mendapat poin positif agar tetap bersaing di kejuaraan dunia,” tegasnya.

Sekali lagi, yang namanya berharap ya boleh-boleh saja. Terlebih karena hasilakhir memang bisa aneh-aneh karena apasaja bisa terjadi belakangan ini gara-gara ECU standar Dorna dan Michelin yang seolah baru belajar lagi bikin ban MotoGP. Belum lagi hujan. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Jelang Sachsenring: Honda Mau Finish 1-2, Marquez Yakin Rossi Lawan Tangguh

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang :Rossi Gelisah, Lorenzo Yakin Bisa Pecah-Pecahin Telur

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang : Wadu…uuuhh, Rossi Gelisah Tampil di Jerman, Padahal Performa Motor Bagus

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Rossi Mengklaim Capat, Nyaman Dengan M1 Dan Ban

BAGIKAN