nhk

MotoGP 2016 Jelang Sachsenring: Menghitung Peluang Rossi, Ulangan Drama 2006

ManiakMotor – Tiga kali DNF dalam 8 seri awal membuat perburuan gelar The Doctor tahun ini semakin ribet. Masih ada 10 kali balapan, dan Valentino Rossi sudah tertinggal 42 poin dari Marc Marquez dan 18 angka dari Jorge Lorenzo. Peluang sih tetap ada selagi point masih bisa dihitung dan serial belum berakhir.

Sejarah balap kelas para raja, hanya Mick Doohan yang mampu jadi juara dunia meski sempat 3 kali DNF pada musim 1998. Rossi sendiri masih mampu jurdun pada 2004 dan 2009 meski saat itu masing-masing dua kali tak menangguk poin. Jorge Lorenzo pun DNF dua kali saat jurdun 2012. Begitu pun Marc Marquez saat jurdun 2013, dua kali juga klontang. “Kompetisi masih panjang. Perjuangan semakin sulit, itu benar. Yang harus dilakukan mulai Sachsenring nanti adalah tampil sebaik mungkin di setiap balapan. Kita lihat saja nanti,” ucap Rossi usai DNF di Assen lalu.

VR46 nyaris menyamai rekor Doohan pada musim 2006. Ia gagal finish di GP China, Le Mans dan Laguna Seca. Akibatnya Rossi tertinggal 51 poin dari Nicky Hayden sementara balapan tinggal 6 seri. Pada lima seri kemudian di GP Portugal, situasi berbalik. Rossi yang finish ke-2 di bawah Toni Elias dengan selisih waktu 0.002 detik jadi pemimpin klasemen dengan nilai 244, sementara Hayden yang DNF tertahan di angka 236.

Artinya, Rossi cukup finish di depan Hayden pada seri terakhir di Valencia untuk menjadi juara dunia. Kalaupun kalah asalkan finish tepat di belakang Hayden maka tetap Rossi yang juara dunia. Dan, drama besar pun terjadi di Valencia pada raceday. Rossi sempat jatuh namun bisa kembali ke lintasan, yang sayangnya hanya sanggup finish urutan 13 dengan tambahan 3 poin sementara Hayden finish ke-3 dengan tambahan 16 poin. Hayden yang perkuat tim Repsol Honda pun jadi jurdun 2006 dengan poin akhir 252 sedangkan The Doctor dengan Yamahanya hanya runner up dengan poin 247.

Beda memang, tahun ini Rossi sudah gagal 3 kali, padahal masih tersisa 10 seri di depant. Bukan tak mungkin lawan juga akan melakukan kelalahan sama. Sebab, lawan juga sudah merasakan kesalahan serupa, walau Rossi yang terbanyak saat ini. Makanya pengejaran Rossi pada 2006 itu bisa saja terulang dan itu jadi tontonan menarik. Makin menarik lawan yang dikejar  pembalap selevel Marquez dan Lorenzo yang skill rata-ratanya di atas Hayden. Andro

BACA JUGA

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Kata Stoner Sih, Ducati Sukses Dikembangkan

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Marquez Lebih Main Otak Ketimbang Otot, Nyindir Rossi Nih?

MotoGP Jerman 2016 Jelang: Ibu ‘Jantungan’ Dari Aksi Jack Miller, Disebut Pembalap ‘Idiot’

MotoGP 2016 Jelang Sachsenring: Stoner Ngaspal Lagi di Misano, Lanjut WDW

MotoGP Jerman 2016 Jelang: Rossi Bilang Sendiri Bodoh di Assen, Lupa Diri

BAGIKAN