nhk

MotoGP 2016 Jelang Sachsenring: Pindah ke Ducati, Masikah Lorenzo Didukung Mekanik Yamaha?

ManiakMotor – Masih digaji  Yamaha sampai akhir tahun nanti, namun hati dan pikiran Jorge Lorenzo sudah bercabang ke kubu Ducati. Dia sudah teken kontrak untuk musim kompetisi 2017 dan 2018. Masihkah ia saat ini didukung para mekanik di Yamaha?

Pertanyaan itu wajar dan bahkan dari  kalangan fans JL sendiri. JL nyeberang ke Ducati sendirian. Tak ada eks mekaniknya di Yamaha yang ikut boyongan. Ramon Forcada, chief mechanic yang menyokong JL sejak main di MotoGP pada 2008 pun ogah ngikut meski sempat ditawari.

Movistar Yamaha adalah tim profesional, Jl juga rider profesional. Tapi, tak bisa dipungkiri kalau status jadi milik Ducati tahun depan sudah memangkas beberapa hal keleluasaan JL di Yamaha. Soal pengembangan M1 2017, misalnya, so pasti doski tak akan dilibatkan. Para mekanik bisa saja tak sepenuhnya bikin laju M1 Lorenzo. Kalau ditanya ya pasti Yamaha bilang masih sokong JL menjadi jurdun tahun ini.

Tapi,coba lihat fakta setelah ada pengumuman resmi JL ke Ducati. Ia jeblok dan retire di GP Catalunya, selanjutnya juga nyaris jeblok di Assen meski akhirnya bisa finish 10 Besar. “Motor saya sangat pelan, mungkin yang paling pelan sepanjang karir di kelas primer. Banyak wet race yang sudah dijalani, tapi tidak sepelan di Assen ini,” keluh JL yang mengaku bingung kenapa bisa demikian sementara M1 besutan Valentino Rossi lancar  tuh, yang saking lancarnya malah crash saat dipaksa menambah speed di lintasan basah.

JL akui riding style-nya memang acap tak nyambung di lintasan basah. Ia tidak suka tarung hujan-hujanan. Tapi, kinerja motornya di Assen lalu menurutnya benar-benar payah. Catatan waktu di QTT hanya 1:47,897 dan adadi urutan 11 tercepat. Bandingkan dengan Rossi di urutan 2 dengan catatan1:45,961. Dari aspek top speed pun ia kalah, cuma 281,4 km/jam dan The Doctor bisa 290 km/jam.

Jika pada GP Jerman di Sachsenring performa JL masih jeblok juga dan masih berkeluh motornya pelan, bisa jadi benar mekaniknya di Yamaha tak lagi menyokong. Ironisnya, trek Sachsenring sama dengan Assen buat JL, yakni sama-sama apes. Sepanjang karir MotoGP, sekalipun JL tak pernah menang di GP Jerman. Ditunggu apakah nanti motor lagi yang jadi biang keladi alasannya! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Marquez Sekarang Konsisten dan Sabar, Ini Pemicunya

MotoGP 2016 Jelang Sachsenring: Menghitung Peluang Rossi, Ulangan Drama 2006

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang: Marquez Lebih Main Otak Ketimbang Otot, Nyindir Rossi Nih?

MotoGP Jerman 2016 Jelang: Ibu ‘Jantungan’ Dari Aksi Jack Miller, Disebut Pembalap ‘Idiot’

BAGIKAN