nhk

MotoGP 2016 (Jelang): Tenaga Ducati Mampet Di Jerez, Di Le Mans Punya Harapan

ManiakMotor – Ducati mati kutu di sirkuit yang terus menikung di Jerez. Makin tak berkutik tenaganya, karena Jerez lintasan yang sempit, Ducati nggak leluasa mengembangkan powernya. Apalagi trek lurus Jerez hanya 607 meter, tenaga Ducati mampet di situ.

Silakan lihat dari sesi latihan di Jerez sampai race, memang buruk dibanding seri-seri sebelumnya. Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso benar-benar linglung. Mekaniknya pun bingung. “Di Jerez akhir pekan yang sangat sulit. Semoga tidak terjadi di race berikutnya di Prancis,” kata Iannone dengan pasrah usai tes di Jerez. Di lomba Iannone hanya ke-7 di belakang dua Suzuki.

Dibanding tiga sirkuit sebelumnya yang lebar dan memiliki trek lurus panjang, mesin Ducati bisa bernafas lega. Di Jerez nafasnya seperti dicekek. Itu tadi, sebelum putaran idealnya dapat, motor sudah harus menikung. Menikungnya pun ndak bisa digeber sesukanya, karena sirkuit yang sempit tadi. Kalau digeber terus bisa selamat sampai ke gravel.

Lebih parah dialami Dovizioso yang motornya mogok usai menyelesaikan lap ke-4 di Jerez. Pompa air (water pump) radiator Desmosedicinya berhenti bekerja mensirkulasi air pendinginan. “Tapi apa pun, di Jerez selalu sulit buat Ducati. Tapi kami punya harapan di Le Mans, di sana motor kami menjanjikan,” sebut Dovi yang juga masih mengkritik ban belakang Michelin yang jug sulit dapat enaknya di Jerez.

Tahun lalu memang dua Ducati nggak bisa bicara banyak di Jerez. Bisa ditinjau kembali pada posisi Iannone yang ke-6 dan Dovi ke-7. Padahal, Ducati GP15 dan Desmosedici 2016 sebenarnya nggak beda jauh speknya, lantaran mereka sudah beradaptasi duluan dengan aturan sekarang. Intinya, Ducati masih perlu kerja keras untuk bersaing dengan Yamaha dan Honda. Siapa tahu dengan datangnya Jorge Lorenzo tahun depan adalah solusinya. Ito 

BACA JUGA

MotoGP Lemans 2016 (Jelang): Rossi, Jerez Tempat Mengukur Diri Untuk Selanjutnya

MotoGP Lemas 2016 (Jelang): Pedrosa, Michelin Tak Bikin Menarik Balapan, Rossi Malah Memuji

MotoGP Lemans 2015 Jelang: Suzuki Tingggal Lacak Kenyamanan Untuk Lomba

MotoGP Lemans 2016 Jelang: Karena Ini Lorenzo Nggak Sudi Kedua, Di Belakang Rossi Di Jerez

MotoGP 2016: Aksi Nicolo Bulega (Moto3) Di Mata Rossi, Mirip Marco Simoncelli

BAGIKAN