nhk

MotoGP 2016 Jelang Tes Sepang: Rossi Kejar Set-Up Keseimbangan M1, Untuk Seri Pertama

ManiakMotor – Ditanya pada Valentino Rossi soal Yamaha M1 2016, dia belum bisa mengungkapkan rasa yang sebenarnya. Kan baru sekali dicoba di test Valencia, Spanyol pada November  2015 lalu. Saat itu pun, Rossi mengakui belum siap yang sama saja kurang serius. 

Malah pembalap Yamaha ‘ketinggalan’ karena belum mengambil jatah test privat. Merek lain telah mendalami ban Michelin dan elektronik 2016 seperti Honda dan Ducati melakukan  test privat di Jerez, Spanyol akhir November 2015. Sedang Suzuki pergi ke Sepang dalam waktu bersamaan. Menyusul setiap tim di musim dingin mengambil data Michelin di Misano.

Bagi Rossi, itu biasa saja, karena berbagai persoalan 2015. “Saya butuh istirahat. Itu juga semacam delay (tertunda) buat kami yang harus dikejar. Bahkan test Valencia lalu, saya kurang fokus. Nanti test yang benar-benar serius berlangsung di Sepang pada awal Februari,” tegas Rossi saat peluncuran M1 2016 di Barcelona, Spanyol 18 Januari 2016.

Saat jumpa pers pada sesi tanya jawab dengan wartawan dan ada yang bertanya andai-andai soal ban, Rossi bilang, belum tahu! Alasannya karena belum mendalami dan bahkan belum bisa menentukan Michelin akan lebih buruk atau malah lebih baik. Baginya, Bridgestone saja yang telah bertahun-tahun menyita waktunya, baru ditemukan balance paling prima pada M1-nya tahun lalu.

Termasuk elektronik seragam 2016 yang  dikeluarkan panitia MotoGP dan FIM demi menekan anggaran balapan. Juga untuk meratakan kemampuan tim. Jelas sudah, kualitasnya yakin lebih rendah dari yang digunakan Yamaha sebelumnya yang canggih dan mahal itu.

“Inilah yang akan kami lacak di test Sepang. Fokus keseimbangan motor seperti yang kami temukan tahun lalu dan kembali bekerja keras untuk hal sama pada Michelin dan elektronik baru,” tambah Rossi yang memang butuh keseimbangan M1 alias distribusi bobot yang merata untuk lomba dan itu yang berubah buanyak dari epek regulasi 2016.

Karena delay tadi, jadi langkah Yamaha akan berbeda di test Sepang pada 1 – 3 Februari 20145. Katanya, konsentrasi semua kru sembari uji coba akan bersamaan meramu set-up untuk ronde pertama di Qatar. Set-up ini akan dimaksimalkan lagi di test selanjutnya. Pokoknya di seri perdana kudu siap. “Seri pertama juga penentu seri-seri selanjutnya,” dukung Lin Jarvis, Managing Director, Yamaha Motor Racing.

Lihat saja nanti. Paling tidak Rossi sudah punya feeling ke depan bagian-bagian mana saja yang segera ditingkatkan pada M1 2016-nya. MM

BACA JUGA

MotoGP: Di Peluncuran M1 2016, Rossi Dan Lorenzo Sudah Saling Senyum Mesra

MotoGP: Peluncuran Yamaha M1 2016 Rossi/Lorenzo, Livery Biasa Saja, Jangan Anggap Enteng Aturan Baru

MotoGP 2016: KTM RC16 Bakal Dijajal Di Red Bull Ring, Siap-Siap Konsumen Indonesia

MotoGP 2016 Jelang Test Sepang: Honda Kurang Siap Terbaca Dari Tim Satelit

MotoGP 2016: Pesannya, Mengungkap Yamaha M1 2016 Rossi Dan Lorenzo

BAGIKAN