nhk

MotoGP 2016 Jelang Tes Sepang: Tangki Di Buntut M1 2016 Belum Siap

 

 

ManiakMotor – Lin Jarvis, Managing Director, Yamaha Motor Racing pernah bicara. Ya iya, dia kan sering bicara. Maksudnya bicara soal tangki bahan bakar sampai ke buntut M1. Lalu heboh pengisian bensin dari belakang  joki.

Tangki tersebut sudah dipakai  test rider Yamaha Katsuyuki Nakasuga di Motegi pada Oktober 2015. Akan tetapi, di M1 2016 yang dilucurkan 18 Januari di Barcelona, Spanyol, tangki utama bahan bakarnya di depan pembalap masih ada mulutnya. Lubang pengisiannya masih tuh.  

Kata Jarvis saat itu, tangki tersebut bukan semata menambah bobot belakang, agar ban Michelin bisa dapat grip. “Juga dipengaruhi aturan bahan bakar bertambah 2 liter jadi 22 liter dari 20 liter dari aturan sebelumnya,” jelas Jarvis ketika itu.

Jarvis juga bilang ketika itu ruang di bawah jok tempat duduk pembalap di M1 sudah terlalu sesak. Sedang yang di depan pembalap sudah tak mungkin, di situ termakan konstruksi air box. Itu loh, kotak udara untuk mensuplai angin ke mesin. Jadi, “Idenya ‘memanjangkan’ tangki bahan bakar sampai ke buntut,” jelas Jarvis.

Sayang Jarvis tak banyak komentar soal itu saat peluncuran M1 kemarin. Justru Valentino Rossi yang banyak menjawab soal tangki tersebut. Maklum, sasaran pertanyaan tangki ini ada pada Rossi. Pertanyaannya pun berkaitan dengan kinerja keseimbangan ban Michelin bersama M1. “Tangki bahan bakar ini kembali akan kami uji di Sepang. Tangki ini hanya salah suatu gagasan. Di Sepang akan ada keputusan lanjutan,” kata Rossi seperti sekenanya, hehe.

Nggak jadi digunakan kalau misalnya mesin M1 tetap sangggup membawa 20 liter bahan bakar setiap lomba. Ya kira-kira begitu. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Tes Sepang: Rossi Kejar Set-Up Keseimbangan M1, Untuk Seri Pertama

MotoGP: Di Peluncuran M1 2016, Rossi Dan Lorenzo Sudah Saling Senyum Mesra

MotoGP: Peluncuran Yamaha M1 2016 Rossi/Lorenzo, Livery Biasa Saja, Jangan Anggap Enteng Aturan Baru

MotoGP 2016: KTM RC16 Bakal Dijajal Di Red Bull Ring, Siap-Siap Konsumen Indonesia

MotoGP 2016 Jelang Test Sepang: Honda Kurang Siap Terbaca Dari Tim Satelit

BAGIKAN