nhk

MotoGP 2016 Jelang Test Philip Island: Puaskah Rossi Setelah Kalahkan Marquez Di Tes Sepang?

 

ManiakMotor – Dari gerak gerik dan kalimatnya Valentino Rossi dari  3 hari test Sepang, pasti puas. Entalah sekalian puas mengalahkan Marc Marquez bersama Hondanya, belum tahu, makanya baca terus. Memang dari akumulasi The Doctor hanya ke-4. Toh sudah bisa mengalahkan motor dan pemainnya yang ia reken bakal menghambatnya dalam lomba 2016, siapa lagi kalau bukan Honda yang ditunggangi Marquez. Kalau Jorge Lorenzo sudah diulas sebelumnya, baca ini; MotoGP 2016 Jelang Test Philip Island: Rossi Akui Lorenzo Kencang, Tapi Lihat Posisi Dong..!

Ingat kan komentar Rossi saat peluncuran M1 2016. Di sudah mengira lebih awal pertempuran 2016 tetap mereka yang di depan 2015. Kalau yang di depan sih cuma ada tiga, Lorenzo, Marquez dan dia sendiri. “Dengan aturan baru ini, ada sih pabrikan lain dan tim satelit, mereka bisa  mendekat,” jelas Rossi pada peluncuran di Barcelona tersebut.  Itu mungkin belum menghitung Casey Stoner, hehe. Yang disebut bisa mendekat belum tentu juara kan.

Contoh Danilo Petrucci dan Hector Barbera yang mengalahkan Rossi dari akumulasi. Bukannya nggak menganggap dua pemain tersebut,  mereka melejit berkat ban lembut. Ada datanya, time rata-rata Petrucci dan Barbera belum konsisten.  Saat Petrucci memimpin di hari kedua  dengan  2:00.095, itu time satu-satunya terbaik. Ada 46 kali Petrucci keluar dari pit line, nggak pernah bikin 2 menit 1 detik alias catatamnya di atas itu. Padahal, Rossi 11 kali dapat 2 menit 1 detik.

Jadi, Rossi dan M1-nya harus diukur dengan RC213V bersama Marquez sendiri. Ada alasannya, di akumulasi keduanya berdekatan, Rossi ke-4 Marquez ke-5 atau terpaut 0,265 detik. Selain itu keduanya sepanjang 2015 banyak melakukan duel ketat, paling heboh kasus mereka di Sepang, di tempat test pramusim tersebut.

Dijamin deh keduanya saling lirik kinerja motor dan diri masih-masing di Sepang. Tapi sudah nggak saling memuji seperti Marquez ketika baru  ke MotoGP, sebaliknya begitu. Hanya Marquez yang keceplosan mengakui motornya kalah dari Yamaha di test Sepang tersebut, namun tak sebut Yamaha siapa. Kalah dari Lorenzo mungkin biasa saja, tapi dari Rossi yang sejak kasus Sepang, keduanya belum salaman, sakitnya tuh masih di sini.

Adilnya memotret di hari ketiga test. Saat itu sama-sama menggunakan ban keras, lantaran ban lembut ditarik Michelin. Di hari ketiga ini Marquez bikin 45 lap dan Rossi 38 lap. Marquez bikin 10 kali catatan 2 menit 1 detik sekian-sekian, sedang Rossi hanya 9 kali. Catatan di bawah 2 menit 1 detik, Marquez dua kali dan Rossi tiga kali. Perhatikan data analys-nya, Rossi berlari 2 menit 1 detik koma kecil lebih banyak. Banyaknya berapa silakan hitung sendiri. 

Okelah abaikan saja data tersebut. Tapi macam mana Marquez yang biasanya dengan kondisi ‘motor apa adanya’ bisa menerbangkannya dan selalu ingin tercepat, tapi nggak tersampaikan di test Sepang. Sedang Rossi dikenal bukan nafsuan cari time tercepat, tapi lok bisa-bisanya di atas Marquez.

Dari situ bisa saja Rossi yang puas. Macam kalimat yang dia ucapkan soal kalah dari Lorenzo, kena juga pada Marquez. “Inginnya lebih cepat, tapi saat lihat posisi, kedua sudah cukuplah,” kata Rossi yang entah merasa cukup di atas Marquez atau sudah cukup puas karena motor sudah enak.

Ingat juga kalimat Rossi, katanya seri-seri awal adalah penentuan pada langkah-langkah selanjutnya. Maksudnya, motor dan pembalapnya sudah harus siap di seri pertama di Qatar. Padahal, tahun ini yang dipersiapkan kudu banyak, ya aturan ECU baru dan Michelin. Ditunggu lagi persiapan mereka di test Philip Island, Australia, siapa yang akan kembali puas? Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Tekanan Ban Loris Baz Di Bawah Minimum, Keluar Aturan, Elektronik Nggak Bisa Dicolong

MotoGP 2016 Jelang Test Philip Island: Rossi Akui Lorenzo Kencang, Tapi Lihat Posisi Dong..!

MotoGP 2016: FIM Umumkan, Race Direction Tak Berhak Menghukum Pembalap

MotoGP 2016 Pasca Tes Sepang: Suzuki Masih Akan Masuk Ke Terowongan Angin

MotoGP 2015: Pasca Test Sepang, Rossi Mulai Penasaran Terhadap Stoner

BAGIKAN