nhk

MotoGP 2016 Jelang Test Philip Island: Rossi Akui Lorenzo Kencang, Tapi Lihat Posisi Dong..!

 

ManiakMotor – Tiga kali Valentino Rossi ‘dipukuli’ Jorge Lorenzo di test Sepang baru lalu. Dalam tiga hari test, Rossi nggak pernah unggul dari pembalap sesama pengguna M1 pabrikan itu. Namun Rossi berkomentar sedang saja, lihat posisi dong. Kalee begitu bahasanya dan bisa jadi nggak persis itu sih, namun maksudnya podo

Hari pertama test saat joki Yamaha tercepat pertama dan kedua, sebelum Rossi lanjut cerita, dia banyak angkat-angkat dan jempol-jempol pada Lorenzo. Dia setuju dengan para analisa, Lorenzo memang cepat. “Itu benar. Tapi posisi saya juga menjanjikan. Elektronik dan ban langsung satu cerita dengan motor saya,” jelas Rossi yang sampai selesai test masih menguji dua M12015 yang rasanya  persis 2015 dan M1 2016 yang karakternya berbeda.

Maksudnya apa dan kenapa soal posisi menjanjikan, mendalaminya mudah. Mungkin – ini hanya mungkin – kebiasaan Rossi yang ogah gila-gilaan mencari catatan waktu. Kalau sempat kedua, itu bonus. Baginya lacak dulu motor yang enak. Enak itu adalah motor yang konsisten saban lomba. Motor yang selalu mau diajak pada jalur balap, nggak maksa diajak kencang dalam pusing-pusing. 

Contoh sepanjang balapan tahun lalu dia lebih sering terlempar dari posisi bagus di kualifikasi, tapi  lomba jaminan podium  kan? Seringnya sih di posisi ke-5, 6, 7, 8 dan bahkan lebih dari itu. Sama saja dengan uji coba. Melihat cara Rossi bawa motor dan M1-nya nurut diberi ECU baru bersama regulasi bawaannya dan ban Michelin, posisi kedua wajar dia sebut baik. Apalagi menengok rutinitas catatan waktunya saban keluar pit line setara catatan rata-rata saat lomba di Sepang.

Ucapan yang mirip-mirip di hari terakhir yang membuatnya kedua, ya Rossi tetap kalah dari JL, karena JL yang tercepat di bawah 2 menit pula. Tapi Rossi bilang nggak perlu menambah kecepatan, posisi kedua sudah cukup. Memang saat ditengok analis time-nya yang dikeluarkan MotoGP.Com pada hari ketiga dengan ban keras bermain 2 menit 1 detik koma kecil. Tahun lalu saja pakai aturan lama memang segitu rata-ratanya di Sepang.

Intinya, Rossi nggak khawatir dengan kencangnya Lorenzo. Nah, tunggu lanjutan tes Philips Island pada 17 – 19 Februari mendatang. Kata Rossi sih di Oztrali menentukan dua M1 yang dia uji, yang mana yang akan digunakan selanjutnya. Ya tentu saja campurannya, hehe.  Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Test Philip Island: Puaskah Rossi Setelah Kalahkan Marquez Di Tes Sepang?

Hasil MotoGP Test Sepang, Malaysia 1 – 3 Februari 2016

MotoGP 2016: FIM Umumkan, Race Direction Tak Berhak Menghukum Pembalap

MotoGP 2016 Pasca Tes Sepang: Suzuki Masih Akan Masuk Ke Terowongan Angin

MotoGP 2015: Pasca Test Sepang, Rossi Mulai Penasaran Terhadap Stoner

MotoGP 2016: Hasil 3 Hari Test Sepang, Stoner Dan Rossi ‘Seimbang’

BAGIKAN