nhk

MotoGP 2016 Jelang Valencia: 2 Kemenangan Ducati, Eh Lorenzo Gembira

Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso

ManiakMotor – Bukan hanya awak tim dan para Ducatinisti yang senang Andrea Dovizioso juara GP Malaysia. Jorge Lorenzo yang masih pakai racing suit Yamaha pun turut gembira. Tentu saja yang bikin senang kinerja Desmosedici GP16.

Sukses Dovi itu dua podium utama Ducati tahun ini. Sebelumnya ada  Andrea Iannone yang juara di GP Austria saat lintasan kering. Itu  diakui JL sebagai sinyal positif menjalani debutnya di Ducati mulai tahun depan. Ia pun merasa tak bakal salah langkah meninggalkan Yamaha yang ia bela sejak debut di kelas primer pada 2008.

“Perkembangan Ducati sangat pesat saat ini, di trek kering maupun basah. Sangat mudah melihat kemajuan tersebut di berbagai karakter sirkuit. Itu pertanda baik untuk musim depan,” kata JL yang berharap bisa cepat beradaptasi dengan pabrikan Italia itu.

Untuk kali pertama, ia akan menggeber Desmosedici GP17 dalam tes resmi seusai GP Valencia mendatang. Sebenarnya ada sesi latihan private Ducati seminggu kemudian di Jerez, Spanyol, tapi JL tak diizinkan ikut oleh Yamaha karena kontrak mereka baru berakhir pada akhir tahun 2016. Ia pun manut saja karena sampai 31 Desember malam memang masih milik Yamaha.

Salah satu highlight musim 2017 yang menarik ditunggu adalah kiprah JL nantinya di Ducati, Ini merek yang musim 2011 dan 2012 menjadikan Valentino Rossi jadi ‘ayam sayur’ di kancah balap MotoGP tapi tetap saja berjuluk The Doctor.  Itu akan selalu jadi perbandingan dan perbincangan di tengah rivalitas VR dan JL yang tak pernah redup, meskipun jelas sekali era Rossi di Ducati dengan yang saat ini sangat berbeda dalam berbagai aspek. Terutama pengembangan teknologinya setelah Ducati dibeli oleh Audi Group sang pabrikan mobil Jerman pada 2012.

Saat ini modalnya banyak. Andro