nhk

MotoGP 2016 Jelang Valencia: Gairah Baru Valentino Rossi, Geber-Geber M1 2017

Valentino Rossi dengan M1 2017

ManiakMotor – Sudah tua tapi tetap bikin gemes. Begitulah Valentino Rossi setidaknya buat pemujanya yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Para penggemar ini keberatan bila Rossi dianggap tua, hehe. Maka sebut saja paling tinggi umurnya dari seluruh peserta di gran prix buatan Dorna Sport itu.

Jelang seri pamungkas MotoGP di Valencia pekan ini, misalnya, gairah tarung The Doctor sama sekali tak berubah. Spritnya tetap ingin juara, walau klasemen sudah tamat dan dia berstatus runner up kejurdun 2016. Ia masih berambisi menaklukkan para rider muda Spanyol di negeri mereka sendiri.

Sasarannya adalah memastikan gelar jurdun katagori kejuaraan tim yang saat ini dipegang Yamaha. “Di kejuaraan manufaktur pun Yamaha masih punya peluang. Karakter trek Valencia memang agak menyulitkan, karena itu harus mempersiapkan diri dan motor semaksimal mungkin,” komentar Rossi soal trek yang anticlockwise alias berlawanan arah jarum jam itu. Ia sendiri baru dua kali menang di sana (2003 dan 2004), namun tahun lalu bisa finish ke-4 meski start dari belakang.

Satu hal lagi yang bikin gairah The Doctor berlipat ke Valencia.Tak lain dalam rangka menguji kemampuan M1 spek 2017 dalam tes resmi sehari usai raceday. Apakah sasis motor tersebut lebih bisa mengawetkan ban dalam jumlah lap banyak. Kan soal ban ini selalu jadi alasan para penunggang  M1 mengendur di ujung lomga akibat degradasi kompon. “Sungguh penasaran untuk mengetahui performa motor tahun depan,” katanya lewat rilis tim Movistar Yamaha.

Pastinyabukan doski saja yang penasaran. Para maniak MotoGP juga demikian. Pasalnya, M1 2017 dibangun berdasarkan evaluasi menyeluruh M1 terlebih di paruh kedua kompetisi yang tak lagi pernah menang balapan. Harap tahu saja, masukan terpenting untuk versi 2017 itu berasal dari Rossi sendiri. Tanpa melibatkan Jorge Lorenzo yang sejak jauh hari sudah pindah ke Ducati. Andro

BAGIKAN