nhk

MotoGP 2016 Jelang Valencia: Kolaborasi Akhir Rossi–Lorenzo, Sisa Kehormatan Yamaha

Lorenzo vs Rossi Valencia 2016

 

ManiakMotor – Dari tiga kejuaraan resmi dan bergengsi di MotoGP, hanya tersisa kejuaraan tim untuk diperebutkan. Itulah perjuangan terakhir Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sebagai rekan setim meskipun faktanya mereka balap sendiri-sendiri.  Ada lagi satu, sudah 9 seri lalu nggak pernah juarah.

Kejuaraan dunia pembalap sudah diraih Marc Marquez sejak edisi Motegi lalu. Kejuaraan dunia manufaktur pun sudah hampir pasti direbut Honda dengan dengan total poin 349, unggul 21poin atas Yamaha yang kumpulkan angka 328. Selisih yang sepertinya mustahil ditebus dalam satu balapan terakhir di Valencia pada 13 November.

Itu berkat 9 kemenangan Honda dalam 17 partai hingga GP Malaysia, termasuk tiga kemenangan rider satelit Jack Miller dan Cal Crutchlow. Bandingkan dengan Yamaha dengan 5 kemenangan dan hanya berasal dari duet Rossi dan Lorenzo. Tiga kemenangan lain direbut pabrikan Ducati (2) dan Suzuki.

Poin manufaktur dinilai dari posisi finish terbaik masing-masing merek di setiap race. Jadi, jika salah satu saja RC213V finish 10 Besar di Valencia maka gelar manufaktur 2016 sah milik Honda.

Beda dengan kejuaraan tim yang saat ini dipimpin duet Rossi –Lorenzo dengan total poin 444. Honda lewat Marquez dan Dani Pedrosa mengancam dengan poin 434. Hanya terpaut 10 angka dan menjadi pertarungan yang serius dengan kembalinya Pedrosa masuk lintasan Valencia setelah absen 3 race sebelumnya. “Senang Dani bisa berlomba lagi. Kami akan berjuang maksimal  di depan publik sendiri. Saya sendiri punya target menang di Valencia,” tegas Marquez yang pulang dari Malaysia langsung olah fisik dan skill dengan sepeda gunung dan motor trailnya untuk persiapan ke Valencia.

Marquez sendiri bertekad ingin memborong semua gelar untuk Honda musim ini. Sayang, persyaratannya sangat berat dan kesempatan terakhir hanya di Valencia. Kalaupun ia juara, maka gelar kejuaraan tim masih akan ada hitung-hitungan di mana posisi finish Rossi, Lorenzo, dan Pedrosa. Bisakah DP yang baru sembuh itu mengacaukan  VR dan JL? Andro