nhk

MotoGP 2016 Jelang Valencia: Menentang Rossi, Dovi dan Lorenzo Mulai Kompak

MotoGP Sepang 2016

 

ManiakMotor – Ada rapat khusus di sela-sela kesibukan GP Malaysia lalu. Penyelenggaranya Michelin, pabrikan ban Prancis yang mensuplai kebutuhan ban MotoGP. Tema rapat adalah perlu tidaknya ban intermediate dipertahankan musim 2017?

Selain pihak Safety Commission, sejumlah anak-anak MotoGP juga diminta ikut berembuk. Antara lainValentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Andrea Dovizioso yang ketiganya justru punya pendapat dominan.

Michelin tengah mempertimbangkan perlu tidaknya ban berkarakter intermediate diproduksi lagi musim 2017. Pasalnya, ban itu praktis tak terpakai dalam raceday sepanjang musim ini. Ban yang fungsinya untuk menjelajah lintasan belang-belang alias  sebagaian basah dan sebagian kering, itu hanya sekali dianjurkan pakai, yakni di GP Jerman silam. Itu pun terbilang gagal karena Marc Marquez ogah pakai ban itu setelah mencobanya dan ganti ke wet tyre dan selanjutnya memenangi balapan.

Rossi pun angkat bicara. Menurutnya, keberadaan ban intermediate tidak membawa perubahan penting di lintasan. Ia berikan analisa teknis dan perbandingan dengan Bridgestone. “Sama sekali tak masalah jika ban itu dihapuskan. Wet tyre produksi Michelin saat ini justru sudah lebih berkembang dari buatan Bridgestone sebelumnya,” kata The Doctor yang tetap saja berjuluk The Doctor meski jurdunnya pembalap lain hehehe.

Dovi adalah rider pertama yang menentang pendapat Rossi.Dengan alasan safety, ia bilang intermediate masih diperlukan meskipun hanya akan terpakai saat latihan. “Pada kondisi trek setengah basah dan setengah kering, itu sangat membantu dan lebih aman. Ban itu harus dipertahankan meski bukan dipakai balapan,” katanya.

Lantas, apa komentar Lorenzo? Ia menentang pendapat Rossi yang musuh bebuyutan sekaligus membela Dovi yang tahun depan jadi rekan setim di Ducati. Jl yang sempat menjajal ban intermediate di sesi kualifikasi GP Australia lalu bilang ban itu lebih aman dan membuatnya lebih nyaman di lintasan. “Saya tidak tahu apakah keputusan sudah diambil atau belum. Yang pasti, saya ingin ban itu dipertahankan,” tegasnya.

Komentar JL mungkin bukan karena tak suka sama Rossi dan juga tak ada kaitan dengan Dovi di Ducati. Tapi, itu sekadar gambaran memang banyak hal yang bertentangan antara Rossi dengan JL. Saat sama, JL dengan Dovi mulai kompak mempersatukan visi dan misi mereka tahun depan. Tinggal ditunggu pendapat siapa yang jadi acuan Michelin nantinya. Andro

BAGIKAN