nhk

MotoGP 2016 Jelang Valencia: Yamaha Tampung Rossi Sampai Ubanan

Valentino Rossi

 

ManiakMotor – Pada 16 Februari 2017 nanti Valentino Rossi genap berumur 38 tahun. Artinya, usai kontrak 2018 nanti dengan Yamaha, Rossi sudah berumur jelang 40 tahun. Lantas, mungkinkah The Doctor perpanjang kontrak musim 2019, saat umurnya persis 40 tahun?

“Hahahaha, saat itu rambut saya mungkin sudah ubanan. Kita lihat dua musim ke depan apakah masih kompetitif di MotoGP atau tidak. Yang jelas saya ingin terus di balap motor sejauh masih mampu bersaing,” ucap Rossi yang sudah cinta mati pada balap motor. Dia pernah ditawarkan ke F1 tapui tidak ambil kesempatan dari Ferrari beberapa tahun silam.

Usia The Doctor kembali jadi perhatian mengingat reputasinya sebagai pembalap tertua di grid MotoGP saat ini. Masih enerjik dan skill balapnya tak pernah luntur. Tahun lalu doski nyaris jadi jurdun kalau saja tidak ‘dipaksa’ start dari belakang di seri penutup Valencia.

Musim ini pun kiprahnya masih luar biasa di tengah makin meratanya kekuatan tim. Juga makin beringasnya para pembalap muda di sekitarnya. “Saya masih kompetitif, sayangnya sial saja di beberapa race dan kehilangan banyak poin,” ucap Rossi yang musim ini tercatat 4 kali DNF dengan berbagai sebab.

Menyimak ucapan Rossi, sangat terbuka kemungkinan ia masih ada di MotoGP musim 2019 jika masih kompetitif. Kompetitif dari segi gerak yang masih kaya yang biasanya menurun seiring usia. Habis itu  kompetitif segi stamina yang kalau keduanya digabung menjadi fisik. Terakhir kualitas motor yang Yamaha dan Rossi tak usah diragukan di situ.

Soal fisik, sejauh ini VR46 sangat disiplin menjaganya sehingga tidak menunjukkan gejala lemah karena faktor ‘U’.Tahun lalu Marc Marquez malah bilang Rossi masih bertarung seperti layaknya pembalap umur 25 tahun. “Dua tahun perpanjangan kontrak hingga 2018 menjadi bukti Yamaha masih yakin dengan kemampuan Valentino. Usai 2018 sangat terbuka kemungkinan perpanjangan lagi jika ia masih bersedia dan masih bisa bersaing. Saya melihat itu bisa terjadi,” komentar Lin Jarvis, Managing Director Movistar Yamaha.

Ya, kuncinya berada di tangan Rossi sendiri. Saat ini The Doctor masih punya nilai jual tinggi dan punya fans terbesar dan tersebar di segala penjuru. Ia masih dibutuhkan Dorna untuk MotoGP dan Yamaha untuk jualannya! Andro

BAGIKAN