nhk

MotoGP 2016 Jerez (Pasca Race): Rossi-Lorenzo Sama Bermasalah Ban, Kenapa Lorenzo Lebih Sewot

ManiakMotor – Jawaban judul itu, siapa yang menang dan siapa yang kalah. Menang apa pun baik-baik saja. Finish pertama andai nggak pakai mesin pun, tetap saja menang. Sebab target yang namanya lomba adalah kemenangan. Beda dengan yang kalah, akan membangun alasan dengan iringan emosi.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di ronde 4 MotoGP di sirkuit Jerez, Spanyol pada Minggu (24/4/2016), punya masalah sama pada ban. Gejalanya pun persis. Roda akan spin alias banyak berputar di tempat, saat motor tegak diberi akselerasi menuju trek lurus. Gejala itu muncul saat motor tegak. 

“Selama balap di MotoGP baru kali ini merasakannya. Terpaksa memelankan motor,” jelas Lorenzo yang saat masuk parc ferme rada sewot yang sewotnya dilampiaskan pada krunya. “Saya makin dekat dengan Valentino. Tinggal beberapa meter lagi, tapi ampun, ban banyak spin,” kata Lorenzo yang dari omongannya kalau bukan masalah ban, pasti dia bisa mengalahkan Rossi.

Keterangan yang sama juga dilontarkan Rossi persisnya di lap 10 – 12. Dia dengan berat hati mengendurkan lajunya di trek lurus, karena khawatir ban akan over heat. Gejalanya sama dengan Lorenzo. Malah kata Rossi diiringi dengan getaran. “Tapi kalau di tikungan, bannya normal, kecepatan sudut masih sama cepat,” kata Rossi dengan nada berbeda dengan yang kalah, hehe.

Karena gejala yang sama tidak muncul bersamaan, bikin Lorenzo penasaran. Saat Rossi mengalaminya, Lorenzo belum merasakan sehingga bisa mendekati Rossi. Seolah itu karena kecepatannya yang dikembangkannya. Begitu punya Rossi ‘sembuh’ dan bisa diatasi  dengan akal The Doctor di dalam tikungan, masalah ban muncul pada Lorenzo. Sehingga kembali berjarak kejarannya. Tentu itu yang bikin emosi meningkat dan jadi dongkol, sewot juga. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Jerez, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 22, 23 – 24 April 2016

MotoGP Jerez 2016 Pasca Race: Tepat Marquez Merawat Point, Ketimbang Kejar Rossi

MotoGP Jerez 2016 Pasca Race: Ban Belakang Spin Di Trek Lurus, Lorenzo Marah-Marah

MotoGP Jerez 2016 Race: M1 Rossi Punya Grip Melekat, Power Dapat Terus, Juara..! 

 

BAGIKAN