nhk

MotoGP 2016 Jerman (Jelang FP3/FP4/Q2): Pedrosa Jago Sachsenring, Minta Ampun FP1 Dan FP2

ManiakMotor – Sebelum Marc Marquez manggung di kelas primer MotoGP pada 2013, Dani Pedrosa adalah King of Sachsenring. Semua pembalap menganggapnya ngeri jika main di Sachsenring.  Macam mana musim ini?

Pantaslah DP dibilang penguasa Sachsenring, lantaran manggung sejak 2008 di MotoGP, ia telah menorehkan catatan 7 kali podium, 4 di antaranya status juara. Tambahkan dengan dua kemenangan GP250cc dari dua penampilan saja musim 2004 dan 2005.

Itu masa lalu. Yang terkini, utamanya hasil dua sesi FP GP Jerman pada Jumat (15/7) kemarin, sepertinya sangat sulit berharap DP kembali jadi raja. Bahkan sekadar podium pun masih tanda tanya besar. “Saya tak berani geber motor sampai limit setelah melihat banyak kecelakaan ,terutama di tikungan 11. Ngapain ambil risiko!” celetuknya dengan suka-sukanya.

Ia juga ampun-ampunan mengakali spek RC213V yang ndak cocok dengan riding style-nya. Engine 2016 yang dipasok HRC dan hingga akhir musim nanti tak boleh diutak-atik lagi, dirancang dan dibangun semata berdasarkan masukan Marquez. DP hanya menerima dan coba memaksimalkan setingan di area sasis, weight distribution, kaki-kaki dan knalpot doang. Tapi, sejauh ini belum dapat solusi tepat untuk mengatasi RC213V-nya yang payah di tangannya.

Apa boleh buat, meski paham betul memilih racing line di Sansechring, spek motor tak menunjang. Akibatnya, DP harus telan ludah karena hanya mampu ke-15 dari akumulasi FP1 dan 2 di hari pertama. Masalah Mas Dani bukan lintasan basah seperti keluhan mayoritas pembalap, tapi memang motornya yang juga minta ampun kala coba digeber mendekati speed motor Marquez. Skill Pedrosa nggak jalan dengan motor seperti itu.

Terpuruk ke urutan 15, alasan DP adalah belum temukan ritme yang pas dengan karakter motornya. Selain itu, ia juga masih cari aman di dua FP awal. “Harapan saya sesi Sabtu (16/7) ini lintasan kering,” ucap Pedrosa yang ingin mengatrol posisi ke 10 besar agar lolos otomatis ke Q2, selanjutnya tarung berebut front row agar enakan saat balapan yang juga diharapkan kering.

Pedrosa dengan kemampuannya di Sachsenring diharapkan oleh Honda finish 1-2. Yang keduanya tentu Pedrosa. Nyokkk ditunggu perkembangannya! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Moto2, Moto3 Semua Sesi 15 – 17 Juli 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang FP3/Q2): Motor Ke-2 Marquez Dipasangi Sasis Baru, Jajal Hari Ini

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Ini Sebab Rossi Terpuruk ke-14 FP2

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP3 : Lorenzo Keluhkan Yamaha M1 Tidak Kompetitif di Semua Tikungan

BAGIKAN