nhk

MotoGP 2016 Jumpa Pers: Mesin Jebol, Rossi Bilang Gara-Gara Onderdil Elektronik Murahan

ManiakMotor – Yamaha sudah mengklarifikasi penyebab meledugnya dua mesin M1 di Mugello. Seperti ditulis sebelumnya di portal ini, bukan mesinnya yang memble, tapi RPM yang kelewat tinggi dan berkaitan dengan elektronik standar yang musim ini diberlakukan. Elektronik yang lebih murah, belum cerita murahan.

The Doctor mengamini penjelasan timnya saat muncul di jumpa pers wajib GP Catalunya, pada Kamis 2 Juni 2016 di Barcelona, Spanyol. Katanya di Mugello hanyalah faktor sial semata. Katanya rev limiter yang digunakan tahun ini,  tidak sepresisi tahun lalu dengan perangkat ECU yang berbeda. “Jika mesin bermasalah seperti itu saat balapan, memang selalu berkaitan dengan elektronik. Barangnya one-dollar part,” canda Rossi soal onderdil seharga 1 dolar yang kata lainnya adalah murahan.

Masih bisa bercanda tuh doski, walau pun bercandanya menyengat penyedia ECU 2016. Padahal sudah defisit 37 poin di klasemen, sama dengan umurnya yang 37 pada tahun ini. “Itu musibah dan tentu saja mengecewakan. Saya hanya bisa berharap peristiwa sama tak terjadi di sisa balapan seterusnya,” kata Rossi yang di Catalunya sudah enam kali menang dan terakhir dilakukannya pada 2009 saat terjadi duel maat dengan Jorge Lorenzo.

Soal alokasi mesin, Yamaha telah menenangkan diri sendiri. Tiga mesin yang sudah keluar dari kardusnya masih bisa dikorek-korek buat dipakai sesi latihan. “Tahun ini punya jatah 7 mesin semusim, lebih banyak dari musim lalu yang 5 unit. Tapi, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi. Walau ada  terbersit kekhawatiran meski Yamaha sendiri merasa tenang dan yakin bisa mengatasinya,” imbuh Rossi.

Jorge Lorenzo yang duduk di sebelah Rossi pun manggut-manggut saja mendengar omongan rekan setim sekaligus musuh bebuyutannya itu. Maklum, ia punya problem sama, hanya memiliki 4 mesin yang segelnya belum terbuka. Alias satu mesin rata-rata dipakai untuk 3 seri. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016: Yamaha Jelaskan Mesin M1 Meletus, Akibat Over Limit Rpm, Dijamin Catalunya Aman

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Marquez Sindir Lorenzo Selingkuh

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Belajar dari Rossi dan Marquez, Lorenzo Rajin Nonton Video

MotoGP 2016 Jelang Catalunya: Rossi Pede ke Rumah Lorenzo, Tunggu Ulangan 2009

BAGIKAN