nhk

MotoGP 2016: Lorenzo Ngotot Ingin Menang Di Valencia. Ini Penyulutnya

MotoGP, Lorenzo, Valencia, Yamaha, Ducati

ManiakMotor – Runner up dunia motogp 2016 sudah digenggam Valentino Rossi. Kendati begitu, Jorge Lorenzo masih punya semangat tinggi untuk memenangkan seri pamungkas di Valencia, Spanyol, pekan ini (13/11). Semangat itu bukan semata balap di depan pendukungnya saja.

Balapan di Valencia, kata JL akan menjadi momen yang “sangat emosional”. Tahun lalu, penentuan juara dunia ketiganya berlangsung di Valencia. Tapi, yang lebih emosional lagi, ini penampilan terakhirnya bersama skuad garputala.

Motogp, Valencia, Lorenzo
Lorenzo, kesulitan dengan ban, terutama depan

“Saya telah menghabiskan delapan, sembilan tahun di tim yang telah memberi begitu banyak. Itu sebabnya, aku termotivasi penuh untuk berlatih sekerasa mungkin dan bisa menuntaskan, jika mungkin, ya dengan kemenangan,” tegasnya. Selama bersama Yamaha, JL tiga kali menjadi juara dunia (2010, 2012, dan 2015) dan menorehkan 43 kemenangan dari 155 penampilan bersama M1.

Perihal kegagalannya memenangkan lomba di paruh kedua musim ini, “Jujur saya telah membuat terlalu banyak kesalahan. Anda tidak bisa berjuang untuk kejuaraan seperti ini,” paparnya merendah. Kesalahan JL di sini lebih pada penyatuan dirinya dengan ban.

Terutama di saat kondisi trek hujan seperti banyak terjadi di paruh kedua atau suhu udara dingin seperti di Phillip island (Australia). Menghadapi dua gangguan tersebut, JL langsung tidak pede dengan ban depannya. Belum lagi salah komunikasi dengan tim saat order ganti ban pada motor kedua seperti dialami di Assen (Belanda).

“Sulit untuk bisa konsisten seperti kebiasaan saya. Jadi, saya berjuang untuk menemukan keseimbangan dan kepercayaan diri yang baik dengan ban,” kenangnya. Ia pun bersyukur, kepindahannya ke Ducati, Michelin sudah mendapatkan pengalaman dari tahun ini untuk membuat ban yang baik.

Buruknya penampilan Lorenzo di beberapa balapan hujan, Gigi Dall’lgna, manajer tim Ducati tidak ambil pusing. “Jorge banyak memenangkan balapan dalam kondisi basah. Saya tidak berpikir ini masalah nyata baginya,” sebut Gigi yang di bawah kepemimpinannya, Ducati masuk tim yang diperhitungkan.

Nah, mari kita tunggu aksi Lorenzo di Valencia. Maliq

BAGIKAN