nhk

MotoGP 2016 Losail Jelang FP1/P2: Menanti Ramalan Valentino Rossi

ManiakMotor – Valentino Rossi selalu menyiarkan jiwa kompetisi pada lawam maupun kawan. Ah kalau di MotoGP mah semua jadi musuh bila sudah di sirkuit. Rossi memprediksi dengan aturan ban baru dan elektroniknya, kompetisi tahun ini menarik. Banyak pembalap yang berebut podium termasuk di ronde pertama di sirkuit Losail, Qatar pada 20 Maret nanti.

‘Ramalan’ Rossi itu mengenai balapan secara umum dan buat dirinya sendiri. Katanya, dari hasil tes barisan depan lebih rapat dari tahun lalu. “Di situlah menariknya. Balapan akan ramai yang dimulai di ronde pertama di Qatar ini. Belum tahu persis soal banyaknya pembalap bisa saling dekat dan itu harus dilihat saat balap nanti,” jelas Rossi memprediksi bila itu terjadi artinya balapan lebih baik dari sebelumnya.

The Doctor sudah pasang kuda-kuda untuk mengatasi pertempuran sesuai ‘ramalannya’. Katanya, buat dia pribadi hasil tiga tes dari Sepang, Philip Island dan Losail, semuanya memuaskan. M1-nya boleh segera beradaptasi pada tiga sirkuit tersebut. Tentu juga di Losail yang akan digunakan seri perdana. Semua ini akan disimpulkan kembali ketika sesi latihan menghadapi lomba.

Rossi percaya akan kinerja M1-nya terhadap aturan baru karena sudah diramu dari hasil data tes. Para pakar Yamaha Racing di Jepang telah membangun motor yang siap berlaga di Losail nanti. Terutama pada keseimbangan M1-nya pada 16 tikungan dan trek lurus Losail yang panjangnya 1 km lebih itu.

Walau pun meramal untuk oprang, dia juga meramal dirinya, hehe. Boleh-boleh saja karena tradisi Losail, Rossi juga kuat dengan empat kemenangan. Juga 11 kali tampil di sana, hanya tiga kali nggak podium, itu pun dua kali tersiksa di Ducati.  “Ada perbedaan cara mengebut dengan Michelin dan elektronik baru, di situlah tantangannya dan semua peserta merasakan hal sama,” pungkas Rossi.

Khusus di Losail ini Kamis sudah mulai sesi latihan bebas. Hanya saja untuk MotoGP sekali alias FP1 sanja. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2016 Losail Qatar Jelang Race: Tunggu Vinales Lapar Podium Bersama Suzuki

MotoGP 2016 Qatar Jelang FP1: Marquez Vs Rossi, Di Tengah Banyak Pembalap Kompetitif

MotoGP 2016 Qatar Jelang FP1: Rossi, Marquez, Lorenzo, Elektroniknya Pakai Skill Berkendara

Motogp 2016 Qatar: Selain Rossi dan Marquez, Empat Pembalap Hadir Di Jumpa Pers

MotoGP 2016 Qatar (Jelang); Marquez Belum Bisa Prediksi Ketahanan Ban Dan Perilaku Elektronik

BAGIKAN