nhk

MotoGP 2016: Marquez Dinobatkan Jurdun Bersama 34 Pembalap Lainnya

MotoGP, Marc, marquez, Spanyol
Marc Marquez menempelkan nama di piala

ManiakMotor – Berlin sungguh luar biasa beruntung. Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) telah memilih ibukota Jerman itu sebagai tempat penobatan (FIM Gala) para juara dunia dari berbagai cabang roda dua, semalam (27/11). Lokasinya di Tempodrom berdekatan dengan  Potsdamer Platz yang sangat terkenal di dunia.

Malam itu, badan tertinggi dunia sport roda dua memberi penghargaan dan menobatkan kepada para juara dunia. Mereka yang menerima tercatat 34 para juara dunia FIM (dari berbagai cabang), 11 juara dunia tim, 7 FIM Legenda, dan tiga pemenang khusus.

Motogp, Marc Marquez, Rossi, Lorenzo, Tompodrom
Para juara dunia dari berbagai cabang berkumpul di Tompodrom

Bintang pada mala Gala itu adalah Marc Marquez, juara dunia motogp 2016. Malam itu, ia menerima medali kelimanya (ketiga untuk motogp dan dua masing-masing di moto3 dan moto2). “Pada 2015 saya membuat beberapa kesalahan dan ketika Anda belajar dari itu, Anda mengelola masalah dengan cara berbeda. Di sekitar saya ada orang hebat dan tim yang hebat. Paket tahun ini bukan yang terbaik, tapi sekarang kami memiliki preseason dan banyak bekerja di depan,” ujar MM dalam penyampaian kesannya.

Kemudian ada Zohann Zarco dari Perancis untuk Moto2 yang tercatat sebagai pembalap Perancis pertama yang lebih dari satu kali juara dunia moto2 (dua kali). Dia pula orang Perancis yang dapat mempertahankan juara dunia moto2 sejak diganti namanya pada 2010 (sebelumnya GP250 cc).

Motogp, Tompodrom, Marquez
Suasana meriah, 34 jjuara dunia dan legenda berkumpul

Di kelas paling rendah, Moto3 menjadi milik Brad Binder. “Inio menjadi musim yang mengagumkan bagi saya dan negara saya. Kemenangan di Jerez memberi saya keyakinan tinggi dan percaya diri untuk tampil di kelas lebih tinggi,” sebut Brad yang 2017 berlaga di moto2.

Juara dunia lainnya, Lorenzo Dalla Porta setelah berhasil memenangkan FIM CEV Repsol Moto3 Junior. Pembalap Spanyol ini tahun depan naik kelas ke moto3. Kemudian ada Jonathan Rea dari Inggris dinobatkan sebagai juara dunia WSBK untuk kedua kali berturut-turut. Nah, di samp[ing Rea ada Legenda Kenan Sofuoglu yang tampil sebagai juara dunia supersport kelima kalinya.

Acara ditutup dengan toast untuk kelas 2016 dan mata dunia sepeda motor fokus untuk musim balap 2017. Akan adakah kejutan lagi? Maliq

BAGIKAN