nhk

MotoGP 2016: Memang Baru Tes, Tapi Harga Dirinya Itu Loh, Termasuk Di Philip Island

 

ManiakMotor – Memang hanya test,  mencari masukan data, nggak ada point di sana. Tapi hasil testnya dari omongan tim dan pembalap sepertinya pertaruhan harga diri. Fakta cerita tes Sepang masih jadi topik sampai sekarang. Padahal sudah  dua minggu berlalu. Test musim ini memang menggunakan aturan baru, terutama ECU yang digadang-gadang meratakan kempetisi.

Yang tercepat bilang garis besarnya oke, tinggal pemantapan bikin yang kalah ‘panas kuping’ mendengarnya. Namanya juga tercepat, pasti komentar baik semua. Nggak ada yang kurang dari segi joki, motor dan tim. “Kedua di hari ketiga, itu posisi yang baik,“ kata Valentino Rossi. “Elektronik  dan ban baru nggak beda jauh dengan tahun lalu. Setiap keluar dari pit line dengan set-up berbeda, kecepatan motor berkembang,” kata Jorge Lorenzo yang disebut-sebut cepat beradaptasi dengan Michelin dan ECU baru lantaran gaya bawanya yang ngurut dan halus pada racing line. 

Jangankan yang kalah telak, yang kalah biasa-biasa saja penasaran ingin segera ke tes selanjutnya di Philip Island, Australia. Jangan jauh-jauh melihatnya. Kemarin, Dani Pedrosa dan Marc Marquez di Sentul saat hadir di peluncuran tim Repsol Honda 2016 masih bicara soal test. Memang nggak sebut kurang yahud di Sepang. Tapi dari omongannya tersirat. “Saya yakin para insinyur HRC sudah mengatasi persoalan dan mereka akan siap di test Australia,” jawab Marquez. Tersirat kan…

Beda dengn bos mereka Shuhei Nakamoto. Dia terus terang terhadap kinerja motornya yang belum satu kesatuan dengan ECU baru dan Michelin terhadap mesin bersama bodi. Walau begitu dia punya alasan, bahwa motornya racikan baru sesuai regulasi 2016 yang bukan gado-gado lagi. Ilmu kira-kiranya bisa saja lawan-lawannya masih menggabungkan dengan motor tahun lalu. Kan belum ada larangan, motor belum disegel pemeriksa teknik dari panitia dan FIM seperti lomba. 

Tes memang bisa jadi alat penekan mental lawan. Sudah saling gertak. Kalau berhasil  gertakannya, kan musuh akan panik. Kalau panik arah pengembangannya melenceng. Marilah ditunggu apa yang menjadi pembicaraan di test Philip Island. Sirkuit yang berbeda dengan Sepang. Lha iyalah, tempatnya saja di Autralia. Jumlah tikungan dan panjangnya juga beda. Suhunya juga lain. Ayo siapa yang akan terkoyak lagi harga dirinya dan siapa yang makin tepuk dada, bukan tepuk pramuka. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Di Sentul Nakamoto Terus Terang, Mesin Dan ECU RC213V Marquez Masih ‘Ngejump’

MotoGP 2016: Ahh… Nggak Mungkin Rossi Segera Pensiun

MotoGP 2016: Pedrosa Dan Marquez Sudah Main Futsal Dengan Menpora

MotoGP 2016: Musuh Besar Rossi Sudah Di Jakarta, Si Marquez, Lagi Makan Mie

MotoGP: Jadwal Resmi 2016, Sudah Paten  

BAGIKAN