nhk

MotoGP 2016: Michelin Dan Rossi, Segera Dapat Set-Up, Masa Lalu Anak Emas..!

ManiakMotor – Sesuai pengakuan para teknisi Michelin, konstruksi dan karakter ban yang mereka gunakan untuk 2016 tak beda jauh dari 7 tahun lalu saat mereka tinggalkan. Data sebagian besar komponnnya masih ada kaitan dengan yang lama punya. Perubahan baru akan terjadi seiring waktu ke depan.

Nah, Valentino Rossi lima kali juara dunia dengan ban buatan Prancis tersebut. Pastilah bila dia mengingat-ingat karakter komponnya akan kembali terbuka memori otaknya. Sekalian cara dia menyetel motor saat pelek M1 dipasangi Michelin. “Seperti saya bilang, ban ini sudah oke untuk belakang. Tapi depan masih butuh pendelaman,” jelas Rossi saat test di Valencia lalu.

Depan pun belum tentu masalah ban. Tetapi antara ban dan motor. Kalau sudah sebut begitu, ya bisa jadi setelan suspensi belum klop. Geometri rangka juga belum pas sudut-sudutnya dan lain sebagainya deh. Maklum, sebelumnya, M1 menggunakan roda lingkar 16,5 inci bersama Bridgestone. Ngarulah ketika diberi diameter lebih banyak setengan inci. Di hasil akhir Rossi memang hanya ke-7. Tapi begitulah Rossi saat test lebih banyak mengamati dan mencermati lalu memetik inti yang akan dikembangkan etimbang tancap duluan.

Masih ingat juga hubungan antara Michelin dan Rossi. Sebelum ban tunggal diberlakukanb, Rossi yang masih ngotot bertahan dengan Michelin. Memang tujuh tahun lalu akhirnya Rossi pasrah karena kalah cepat dengan para pengguna Bridgestone. Ke depan semuanya seragam pakai Michelin yang karet komponnya dikirim dari Indonesia itu. Itu getahnya dari pohon karet di belakang rumah penulis, husss.

Kalau semuanya seragam berangkat dari dasar bersama. Memulai dengan data yang baru. Rossi boleh diunggulkan di situ, paling tidak oleh portal ini karena jam terbangnya bersama Michelin. Masih ingat juga, Rossi sempat jadi anak emas ban ini. Bahkan, Michelin bersedia mencetak kompon dalam semalam untuk dipakai raceday Minggu. Mereka mempelajari  cuaca setempat dari sesi latihan Jumat sampai Sabtu. Karena itu, lahir regulasi ban sudah dijatah dan harus dilaporkan yang akan digunakan.

Saat uji coba di Valencia lalu belum jadi patokan, karena baru sekali benar-benar test dengan ban Michelin dan ECU baru. Selain itu, Rossi masih terngiang gagal juara dunia dan rentetan dari kasus Philip Island. Tetapi selanjutnya Rossi punya kelebihan seperti ulasan di atas untuk segera percaya diri pada grip ban. Ito

BACA JUGA

MotoGP Jelang 2016: Rossi Masih Berpeluang Dengan Regulasi Baru, Bisa Makin Ganas..!

MotoGP Jelang Test Sepang 23 November 2015; Aleix Espargaro Absen, Kecelakaan Masuk Rumah Sakit

MotoGP Indonesia 2017: Sabar..! Baru Hampir Pasti..!

MotoGP Jelang 2016: Balik ke MotoGP, Masih Adakah Skill Stoner Untuk Ducati?

MotoGP Jelang 2016: Lorenzo Masih Cidera, Gagal Main di RoC London

BAGIKAN