nhk

MotoGP 2016 Misano (Jelang FP1/2): #58 Dipensiunkan, #46 Diiklaskan Rossi

ManiakMotor – Resmi sudah nomor start 58 dihapus dari balap motor Grand Prix sejak Kamis (8/9) di Misano. Nomor start almarhum Marco Simoncelli itu hanya boleh dipakai jika dapat izin dari keluarga.

Begitu kesepakatan Dorna dengan Paolo Simoncelli, ayah rider Italia yang namanya diabadikan jadi nama sirkuit Misano. Marco tewas di GP Malaysia 2011 lantaran celaka di trek dan seketika ditubruk Valentino Rossi yang kala itu membesut Ducati.

Rossi tentu saja sedih berkepanjangan karena sama sekali tak bisa mengelak dari insiden itu. Terlebih karena Marco adalah salah satu bibit unggul Italia di MotoGP, sehari-hari dekat dengan Rossi, bahkan oleh The Doctor dianggap sebagai saudara muda.

Mempensiunkan sebuah nomor start di MotoGP bukanlah hal baru. Sebelum ini nomor 34 (Kevin Schwanzt) dan 65 (Loris Capirossi) juga pensiun.

Macam mana dengan #46 yang identik dengan Il Dottore dalam 20 tahun karir balapnya? “Saya tak ingin suatu ketika nanti #46 dihapus, biarpun saya pensiun. Lebih baik nomor ini tetap ada. Kalau ada pembalap yanginginkan nomor itu nantinya, saya ikhlaskan,” kata Rossi yang punya sejarah menggunakan 46, berwal dari kejuaraan minbike dan dua pembalap seangkatnya juga ada yang pakai 46. Tapi hanya Rossi yang pertahankan angka itu sampai sekarang.

Wah, siapa yang bakal dapat nomor keramat itu? Layak nggak dibandingkan The Doctor? Banyak tuh di road race Indonesia, haha. Di angkot juga ada.  Andro

BACA JUGA

MotoGP Misano 2016 Jumpa Pers: Rossi, Marquez dan Lorenzo, Malah Bicara ECU Dan Ban

MotoGP Misano 2016 (Jelang FP1): Masih Demam, Maverick dan Suzuki Songsong Prestasi Lanjutan

MotoGP 2016 (Jelang Misano): Tradisi Apik di Misano, Saatnya Unggulkan Lorenzo

MotoGP 2016 (Jelang Misano): Full Italiano, Merah dan Putih pun Siap Berkibar

MotoGP 2016: Tentang Misano Di San Marino Dari Valentino

BAGIKAN