nhk

MotoGP 2016 Misano (Jelang Race): Niat Main 120%, Rossi Bedah Ulang Soal Teknis

46vr-misano-2016-1c

ManiakMotor – Secara posisi, start kedua di starting grid bukanlah hal buruk bagi Valentino Rossi. Ia tetap berada di  front row ketika lomba ronde 13 MotoGP di Misano, Ahad (11/9-2016). Bicara peluang, The Doctor butuh perjuangan keras dan panjang, sepanjang 28 laps durasi balapan. Dia akan mengelola ulang segi teknik motor dan membalap.

Lawannya Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales mengapitnya di barisan depan punya face gemilang. Apalagi Lorenzo yang pecah-pecahin rekor Misano dengan pede yang tinggi. “Kami harus bedah lagi segala sesuatunya, hal-hal teknis sampai sedetail mungkin jelang balapan. Setelah itu kita tunggu saja hasilnya,” ucap Rossi dengan kalimat yang menyiratkan belum puas dengan performa besutannya.

Kelihatan belum siap, di FP4 yang mestinya sudah konsisten bikin lap sesuai kecepatan lomba, sepanjang sesi dia masih utak-atik M1. Bahkan kelamaan di luar 10 besar saat FP4 itu. Untung di akhir sesi melejit. Mirip juga dengan Q2 yang penggunaan ban segar pertama, Rossi di luar lima besar. Lalu bisa kedua di penggunaan ban segar kedua.     

Saat start Rossi, selain menjaga Lorenzo dan Vinales, ada Marc  Marquez start dari urutan 4. Seperti di Silverstone, fokus MM hanyalah kepada Rossi yang jadi lawan terdekat di klasemen. Ia wajib menempel Rossi secepatnya dan yang terpenting adalah finish di depan seniornya. Kalau pun sulit, ya finish persis di belakang Rossi. Tapi itu bukan tipe Marquez bila kondisinya normal.

Karena itu wajar Rossi merasa perlu dapatkan rumus baru untuk setelan M1-nya yang belum oke banget. Sesi warm up jelang lomba jadi kesempatan terakhir. Dibandingkan M1 Lorenzo, M1 tunggangan Rossi perlu menambah kecepatan di sektor 1 dan 2. Di dua sektor  itu, Rossi kalah catatan waktunya. Sektor ini memang dihiasi tikungan-tikungan yang saling berkaitan satu sama lain.

Mungkin Rossi butuh rumus alternatif pada ban depannya agar lebih ngegrip di tikungan seperti keluhannya. Ia harap soal teknis itu bisa tuntas saat sesi pemanasan. Dan, untuk  raih kemenangan di tengah membludaknya fans The Doctor di Misano, ia siap lipat gandakan semangat dan mentalitas bertarung. “Jadi, saya harus dan akan bertarung 120%,” katanya pada kelebihan 20 persen  untuk laganya.

Sok atuh Kang, yang penting mah berikan yang terbaik dan menghibur penonton. Kalah atau menang, soal biasa! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Misano Dan Moto2, Moto3 9 – 11 September 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Misano (Jelang Race): Ancaman Lorenzo Pada Rossi Memang Nyata

MotoGP Misano 2016 Q2: Lorenzo Pole Dengan Rekor, Kedua Rossi, Vinales 3

MotoGP Misano 2016 FP4: Rossi Tercepat, Pedrosa Kedua, Marquez 3

BAGIKAN