nhk

MotoGP 2016 Misano (Race): Marquez Main Aman Atau Salah Pilih Ban

93 marquez Aragaon 2016-1

ManiakMotor – Ada dua pembalap papan atas yang menggunakan ban depan hard dan keduanya tak berkutik saat lomba. Mungkin saja roda depan mereka sering bergeser menahan dorongan roda belakang. Tak punya grip sekaligus kelincahan motornya hilang di Misano, San Marino11 September 2016. Itu ketimbang yang pakai ban depan medium atau bahkan soft seperti dipakai RC213V Dani Pedrosa.

Joki yang pakai hard depan itu adalah Maverick Vinales dan Marc Marquez. Khusus Marquez dibayar dengan finish di luar podium. Ia tak memaksakan kedaan dan pilih main safe di Misano. Toh di klasemen dengan poin 223 masih unggul 43 angka dari Valentino Rossi dengan balapan tersisa 5 ronde. “Ini salah satu balapan terburukku. Sebelum lomba merasa kuat. Untungnya tak terlampau banyak kehilangan poin,” ucap MM yang sebelumnya merasa bisa mengimbangi Rossi dan Lorenzo di baris depan, juga menduga ancaman dari Pedrosa mengingat performanya yang konstan sejak sesi latihan.

Memilih kompon ban depan bertipe keras, ternyata tak bisa membawa permainan MM juga keras di balapan 28 laps. Makin lama makin keteter oleh joki-joki M1 yang pakai ban medium. Bahkan akhirnya juga disikat Dani Pedrosa yang pakai ban lembut.

MM mengakui saat disalip Pedrosa sempat tergoda untuk mengikuti laju rekan setimnya di Repsol Honda itu. “Itu tak jadi dilakukan karena kemungkinan lebih besar celaka dibandingkan podium. Jadi, saya fokus untuk finish saja,” lanjut MM yang sudah semakin mampu meredam ambisinya yang dulu selalu ingin finish nomor satu atau minimal podium.

Strategi itu memang wajar dilakukan MM demi memenej keunggulan poin di klasemen. Apa boleh buat kalau penonton ada yang kecewa karena tak melihat gaya balapnya yang bukan cuma agresif, tapi juga keras dan kalau perlu sedikit kejam. Gaya itu sempat terlihat di awal balapan, terutama saat duel dengan Maverick Vinales. Sayang, cuma sebentar karena grip ban depannya tak bisa menolong! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Misano Dan Moto2, Moto3 9 – 11 September 2016

MotoGP 2016 Misano (Pasca Race): Berjudi Dengan Ban Pedrosa Kembali ke Fantastic Four

MotoGP 2016 Misano (Pasca Race): Jumpa Pers Usai Balapan, Rossi dan Lorenzo Bertengkar, Perang Mulut…!

MotoGP Misano 2016 Race: Pedrosa Juara Dengan Ban Soft, Rossi Kedua

BAGIKAN